detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 23:54 WIB

Romahurmuziy Sebut Usulkan Haris Jadi Kakanwil Jatim untuk Kepentingan PPP

Faiq Hidayat - detikNews
Romahurmuziy Sebut Usulkan Haris Jadi Kakanwil Jatim untuk Kepentingan PPP Romahurmuziy (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketum PPP Romahurmuziy atau Rommy mengaku mengusulkan Haris Hasanuddin menjabat Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Rommy mengusulkan Haris untuk kepentingan PPP.

"Pada dasarnya sebagai pimpinan parpol, tentu siapa pun yang membangun komunikasi, akan saya ajak bersinergi untuk kepentingan partai," kata Romahurmuziy saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (26/6/2019).



Jaksa kemudian bertanya maksud Romahurmuziy tentang kepentingan partai, apakah juga termasuk perolehan suara pada pemilu. Romahurmuziy pun membenarkan hal tersebut.

"Untuk kepentingan partai, pun untuk kepentingan suara," tutur dia.



Dalam persidangan ini, duduk dua terdakwa, yaitu Haris Hasanuddin dan M Muafaq Wirahadi. Keduanya merupakan mantan pejabat Kemenag di Jawa Timur (Jatim) yang didakwa menyuap mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy.

Haris dan Muafaq didakwa menyuap Rommy untuk membantunya mendapatkan jabatan. Rommy diduga berkongkalikong dengan pihak Kemenag demi jabatan kedua orang itu. Dalam dakwaan dua orang itu, nama Lukman disebut turut terlibat dalam kongkalikong itu serta turut menerima uang.

Simak Video "Staf Ahli Menag Sebut Haris Hasanuddin Dizalimi"
[Gambas:Video 20detik]

(fai/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed