detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 20:10 WIB

Polres Jakbar Musnahkan Sabu Asal AS dan Narkoba Lain Senilai Rp 200 M

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Polres Jakbar Musnahkan Sabu Asal AS dan Narkoba Lain Senilai Rp 200 M Foto: Rolando/detikcom
Jakarta - Polres Metro Jakarta Barat memusnahkan sejumlah narkoba senilai Rp 200 miliar. Narkoba tersebut merupakan barang bukti hasil pengungkapan selama tiga bulan terakhir.

"Barang bukti ini merupakan hasil tangkapan kami tiga bulan terakhir yang sudah mendapatkan penetapan dan sebagian disisihkan untuk persidangan," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz kepada wartawan di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (26/6/2019).

Pemusnahan narkoba tersebut dihadiri perwakilan dari Wali Kota Jakarta Barat, Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Pengadilan Negeri Jakarta Barat, dan perwakilan Kodim 0503 Jakarta Barat. Para tersangka yang ditangkap terkait kasus tersebut juga menyaksikan kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan adalah 138 kilogram sabu. Dari 138 Kg sabu itu, 100 kg di antaranya diamankan Polres Jakbar di Lampung.

Barang bukti dihancurkan menggunakan mesin penghancur.Barang bukti dihancurkan menggunakan mesin penghancur. (Rolando/detikcom)




"Kemudian ada sabu yang berbungkus kopi ini merupakan sabu yang diimpor dari Amerika Serikat. Kemudian ada ekstasi, sejumlah 10 ribu butir," tuturnya.

Dalam kasus ini polisi menetapkan 16 orang tersangka. Mereka merupakan pengedar hingga bandar.

"Pasal yang kita kenakan adalah Pasal 114 ayat 2, ancaman hukumannya minimal 6 tahun maksimal hukuman mati ataupun seumur hidup," katanya.

Lebih lanjut Erick mengatakan disitanya barang bukti tersebut dapat menyelamatkan jutaan nyawa manusia dengan asumsi 1 orang 1 gram.

"Jadi kita bisa menyelamatkan masyarakat kita bisa sampai 1 juta orang. Dengan ukuran kira-kira 1 orang 1 gram atau 1 setengah gram. Kemudian kalau bicara nominal harga, barang ini bisa Rp 200 miliar lebih," tandas Erick.






Simak Video "Bocah 11 Tahun di Makassar Jadi Kurir Sabu, Sekali Antar Rp 70 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed