detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 14:49 WIB

Protes Banser Diterima, Sekda DKI Janji Tinjau Ulang Daftar Penceramah

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Protes Banser Diterima, Sekda DKI Janji Tinjau Ulang Daftar Penceramah Sekda DKI Jakarta saat menerima perwakilan Banser yang memprotes Felix Siauw berceramah di Balai Kota. (Dok. Istimewa)
Jakarta - Sekda DKI Jakarta Saefullah menerima perwakilan Banser yang menyampaikan protes terkait Ustaz Felix Siauw yang tetap berceramah di Masjid Fatahillah Balai Kota DKI. Kepada Banser, Saefullah berjanji akan mengevaluasi daftar nama penceramah di Masjid Fatahillah.

"Kita minta diterima Pemprov, akhirnya diterima Sekda DKI. Kita diterima perwakilan lima orang. Intinya, dia akan meninjau ulang jadwal pengisi kajian di Masjid Fatahillah, terutama orang-orang yang terkait HTI dan Islam radikal lainnya," kata Ketua GP Ansor DKI, Abdul Azis, saat ditemui di gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).


Banser juga sempat meminta konfirmasi kepada Dewan Kemakmuran Masjid Fatahillah terkait kajian yang diisi Felix Siauw. Banser mengungkit soal dilarangnya Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Azis, yang juga anggota DPRD DKI F-PKB, mengatakan Felix Siauw adalah tokoh HTI. Dia mengatakan tokoh dan HTI secara organisasi tidak mengakui Pancasila dan NKRI. Sebab, organisasi tersebut berpaham negara khilafah.


"Pemprov DKI ini kan ibu kota negara. Yang kedua, komitmen dari Pancasila, komitmen republik ini jelas bahwa tidak boleh ada kelompok HTI. Sedang tokoh-tokohnya suruh mengakui dulu Pancasila, mengakui republik ini," tuturnya.

Sempat dibilang batal, ceramah Felix Siauw di Masjid Fatahillah di Balai Kota DKI tetap terlaksana. Terkait hal ini, Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan setiap undangan yang sudah dikeluarkan harus dituntaskan.


"Oh... cek sama panitia. Tapi intinya begini, kalau Pemprov undang, hargai undangan itu. Hargai saja kemudian, toh forum terbuka. Semua bisa dengarkan, menyaksikan," kata Anies hari ini.

"Dan hari ini orang bisa bicara di mana saja, masuk YouTube, bisa didengar. Ini bagian dari sesuatu yang normal. Kalau undang tuntaskan," kata Anies.


Ceramah Ustaz Felix di Masjid Balai Kota:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed