detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 11:41 WIB

3 Profesor Berebut Bangku Rektor Unand Sumbar

Tim detikcom - detikNews
3 Profesor Berebut Bangku Rektor Unand Sumbar Foto: Pemilihan rektor Unand (Antara Foto)
Padang - Kemenristekdikti dan Senat Universitas Andalas (Unand) menggelar pemilihan Rektor periode 2019-2023. Tiga profesor berebut menjadi kampus negeri nomor 1 di Sumatera Barat ini.

Ketua Senat Unand Prof Werry Darta Taifur mengatakan tiga calon rektor yang dipilih sebelumnya sudah diajukan ke Kemenristekdikti melalui pemilihan tingkat senat pada 14 Mei 2019. 3 profesor itu ialah, Prof Tafdil Husni, Prof Yuliandri dan Prof Hairul Abral.

"Tiga nama tersebut yaitu Tafdil Husni, Yuliandri dan Hairul Abral yang sudah melewati proses seleksi, dan hari ini akan dipilih satu nama untuk memimpin Unand ," kata Werry yang dikutip dari Antara, Rabu (26/6/2019).



Proses pemilihan dilakukan dalam rapat senat tertutup oleh Senat Unand bersama perwakilan dari Kemenristekdikti. Sistem pemungutan suara dengan mencoblos gambar calon pada kertas suara dan setiap anggota senat punya hak pilih satu suara.

"Senat Unand memiliki 65 persen suara dan Kemenristekdikti sebanyak 35 persen suara," kata dia.



Calon nomor 1 rektor Unand ialah Prof Tafdil Husni yang juga petahana. Dia fokus pada target Unand bisa masuk 100 perguruan tinggi terbaik di Asia dengan output riset unggulan tersinergi, persentasi mahasiswa pascasarjana 20 persen dan jumlah mahasiswa asing meningkat.

Sementara calon rektor nomor urut 2 Prof Yuliandri mengusung visi Akselerasi Menuju Universitas Terkemuka dan Bermartabat, Melalui Tata Kelola Kelembagaan dan Kepemimpinan Yang Melayani.

Calon rektor nomor urut 3 Prof Hairul Abrar yang ingin menjadikan Unand sebagai salah satu perguruan tinggi kelas dunia yang pada 2023 sudah berada pada rangking 500 versi QS WUR.
(rvk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed