detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 10:05 WIB

Jadi Saksi Kasus Suap Seleksi Jabatan, Menag Tiba di Pengadilan Tipikor

Faiq Hidayat - detikNews
Jadi Saksi Kasus Suap Seleksi Jabatan, Menag Tiba di Pengadilan Tipikor Menag tiba di Pengadilan Tipikor (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin akan menjadi saksi kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag hari ini. Lukman bersaksi untuk terdakwa Haris Hasanuddin dan Muhammad Muafaq Wirahadi.

Pantauan detikcom di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Rabu (26/6/2019), Lukman Hakim tiba dengan mengenakan peci dan kemeja batik berwarna cokelat. Lukman langsung menuju ruang tunggu saksi di lobi gedung Pengadilan Tipikor.



Dia tidak memberikan komentar apapun kepada awak media. Lukman hanya memberikan senyuman saat tiba di lokasi. Sebelumnya, Lukman tidak hadir menjadi saksi sidang tersebut pada Rabu (19/6) lalu.

Selain itu, jaksa KPK berencana memanggil ulang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kiai Asep Saifuddin menjadi saksi sidang itu. Tapi keduanya belum terlihat di lokasi.

Eks Ketua Umum PPP sekaligus anggota DPR Romahurmuziy juga bakal menjadi saksi sidang itu. Romahurmuziy atau Rommy merupakan tersangka kasus suap itu dan sedang menjalani proses penyidikan di KPK.

"Sesuai panggilan memang seperti itu, namun kami masih menunggu konfirmasi kehadiran," ujar jaksa KPK Wawan saat dikonfirmasi.



Dalam perkara ini, Haris didakwa memberikan suap kepada Rommy. Mantan Kakanwil Kemenag Jatim itu disebut memberikan uang total Rp 255 juta kepada Rommy untuk mendapatkan jabatan tersebut.

Sementara itu, Muafaq didakwa menyuap Rommy Rp 91,4 juta. Rommy, yang merupakan Anggota Komisi XI DPR, juga disebut jaksa mendapatkan uang itu untuk membantu Muafaq mendapatkan jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.



Tonton video Jokowi Dituding Salah Gunakan Jabatan, TKN: Imajinatif!:

[Gambas:Video 20detik]


(fai/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed