detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 19:23 WIB

JK: Airlangga dan Bamsoet Sudah Temui Saya untuk Jadi Caketum Golkar

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
JK: Airlangga dan Bamsoet Sudah Temui Saya untuk Jadi Caketum Golkar Jusuf Kalla atau JK (Ferdinan/detikcom)
Jakarta - Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo (Bamsoet) akan mencalonkan diri menjadi Ketum Golkar pada munas yang akan digelar pada Desember 2019. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), yang juga tokoh senior Golkar, mengungkapkan mereka berdua sudah sowan menemuinya.

"Ya dua-duanya ketemu, datang. Tapi saya lebih condong untuk nunggu yang lebih hak (pemilik suara)," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019).


JK mengatakan saat ini sudah tidak mempunyai hak suara di Golkar. Dia menyerahkan pilihan Ketum kepada kader.

"Saya tidak punya hak suara lagi. Jadi saya tidak memikirkan itu yang mana. Kalau saya punya hak suara, saya timbang-timbang. Sekarang nggak ada hak suara. Terserah yang punya hak suara," ujar JK.

JK meminta jadwal munas tetap diselenggarakan pada Desember 2019. Pilihan tersebut dinilai bijak.

"Itu Desember nanti akan munas biasa. Tunggulah. Nanti 6 bulan," sebut JK.


Sebelumnya, Bamsoet mengaku sudah melakukan safari politik kepada para senior terkait rencananya maju sebagai calon Ketua Umum Golkar. Bamsoet mengaku mendapatkan tanggapan positif dari para senior partai.

"Ada beberapa bertemu dengan beberapa senior, tanggapannya positif, ya," kata Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/6).

Menurut Bamsoet, para senior Golkar memang mendorong para kader agar maju sebagai caketum. Karena itu, dia mengatakan makin yakin untuk maju sebagai caketum Golkar.

"Mereka menginginkan sebanyak-banyaknya kader yang mencalonkan diri. Karena semakin banyak kader yang mencalonkan diri dalam kontestasi menunjukkan partai ini kaderisasi di partai ini berjalan dengan baik," sebutnya.

Selain itu, Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyatakan siap kembali maju untuk periode berikutnya. Dia mengaku mendapat banyak dukungan untuk jabatan tersebut.

Airlangga mengatakan munas Golkar akan berjalan sesuai dengan jadwal, yakni pada Desember 2019. Airlangga juga siap maju lagi menjadi caketum Golkar.

"Insyaallah (maju). Ada beberapa daerah sudah memberikan dukungan," kata Airlangga ketika ditemui wartawan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (19/6).


Mau Tahu Kader Usulan Golkar untuk Pimpin DPR/MPR?:


(fdu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed