detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 17:42 WIB

JK soal Penangguhan Penahanan Soenarko-Eggi Sudjana: Mereka Belum Makar

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
JK soal Penangguhan Penahanan Soenarko-Eggi Sudjana: Mereka Belum Makar Wakil Presiden Jusuf Kalla (Niken Purnamasari/detikcom)
Jakarta - Penahanan Mayjen (Purn) TNI Soenarko dan Eggi Sudjana ditangguhkan. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai penangguhan penahanan tersebut wajar karena kedua orang tersebut tidak melakukan makar.

"Kan mereka belum makar. Makar itu kalau mereka berbuat sesuatu yang bisa menurunkan pemerintahan. Mereka kan cuma pidato saja. Tidak ada langkah-langkah mau coup. Ya seimbanglah, wajar-wajar kalau diberikan kebebasan," kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (25/6/2019).

JK menuturkan, kalau kasus terbukti, tentu akan diproses polisi. JK juga mengingatkan, yang menangkap Soenarko bukan polisi, melainkan POM TNI.


"Ya, kalau ada buktinya, ya tentu (diproses) Ini kan mereka hanya.... Kalau Pak Narko itu karena pengiriman senjata. Jangan lupa sebelumnya, itu bukan polisi yang nangkap Soenarko. Yang nangkap Pak Soenarko itu POM. Karena dia sipil, purnawirawan, maka diserahkan ke polisi, bukan polisi yang nangkap," sebut JK.

Sebelumnya, Soenarko mendapat penangguhan penahanan. Selain Soenarko, Eggi mendapat penangguhan penahanan.

"Bismillah, alhamdulillah, segala puji syukur ke hadirat Allah SWT atas izinnya, atas takdirnya, saya bisa keluar dari penjara ini," kata Eggi kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (24/6).


Polda Metro Jaya akhirnya mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Eggi. Penyidik memiliki beberapa pertimbangan sehingga akhirnya menangguhkan penahanan Eggi.

"Pertimbangan penyidik untuk mengabulkan, pertama, yang bersangkutan kooperatif. Jadi, setelah kita lakukan pertanyaan oleh penyidik, semua kooperatif," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (24/6).


Penahanan Ditangguhkan, Eggi Semringah: Terima Kasih Kapolri:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed