detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 13:43 WIB

Ngaku Polisi dan Bawa Air Gun, 2 Pemuda Peras Warga di Menteng

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Ngaku Polisi dan Bawa Air Gun, 2 Pemuda Peras Warga di Menteng Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Dua pemuda, Maulana Jafar (20) dan Maulana Alfi Yasin (23), ditangkap polisi karena kerap memalak warga di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Keduanya mengaku polisi dan membawa senjata air gun.

"Unit Reskrim Polsek Menteng telah melakukan penangkapan terhadap dua pelaku yang diduga meminta uang dengan ancaman menggunakan senjata air gun, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 368 KUHP tentang pemerasan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).

Keduanya beraksi di pinggir rel kereta api, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu (22/6) dini hari. Saat itu pelaku kedapatan sedang memalak korban sambil mengancam dengan menggunakan air gun.

Saat itu, korban bernama Miskadi sedang duduk bersama rekan-rekannya di sekitar TKP dan didatangi oleh kedua pelaku. Pelaku meminta uang kepada korban dan mengancam akan mengambil HP korban jika uang yang diminta tidak diberikan.

"Menurut keterangan korban setelah pelaku memaksa meminta uang, salah satu pelaku memperlihatkan senjata pistol warna hitam yang terselip di pinggang pelaku, kemudian pelaku lainnya berperan menakut-nakuti korban dan saksi," ungkap Argo.


Korban tidak menghiraukan pelaku dan pergi meninggalkan pelaku. Namun, saat korban pergi, pelaku mengejar korban dan memukul korban memakai senjata air gun.

"Setelah melakukan penganiayaan, para pelaku membawa korban dengan berbonceng 3 menggunakan motor dengan alasan akan membawa korban ke kantor dan para pelaku mengaku polisi karena membawa pistol," kata Argo.

"Secara kebetulan anggota Unit Resnarkoba yang sedang melakukan patroli melintas kemudian mendapat laporan dari warga bahwa telah terjadi pemerasan dengan ancaman oleh 2 orang yang mengaku petugas kepolisian," sambungnya.

Kemudian polisi langsung menangkap kedua orang tersebut dan membawanya ke Polsek Menteng. Polisi masih mendalami kasus tersebut.


(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed