detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 12:07 WIB

Tentang Herder-Samoyed, Anjing Keluarga Artis yang Gigit Bocah di Sleman

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Tentang Herder-Samoyed, Anjing Keluarga Artis yang Gigit Bocah di Sleman Foto: Dok Michael Raymond
Jakarta - Seorang bocah perempuan, JC (6) digigit dua ekor anjing di vila dan restoran Sawah Joglo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY. Dua anjing tersebut merupakan anjing jenis herder dan samoyed milik dari adik artis Boy William, Raymond Hartanto. Lalu, bagaimana sebetulnya karakteristik dua anjing tersebut?

JC diserang dua anjing ketika hendak merayakan acara kelulusannya. Peristiwa itu terjadi pada Minggu 16 Juni lalu. Saat itu Raymond bersama putrinya mendatangi Sawah Joglo untuk pesan kamar. Raymond saat itu melihat JC sedang diserang dua anjing, yakni jenis herder dan samoyed. Raymod pun lantas menendangi dua anjing itu, guna mengusirnya. Namun, akibat serangan tersebut, JC harus mengalami luka dan harus dijahit.

"Paha putri saya dijahit, lukanya dalam 3 cm, juga beberapa bekas gigitan. Saya khawatir anak saya kena rabies, karena saya minta surat bukti vaksin tidak dikasih. Anak saya juga trauma, itu yang penting bagaimana memulihkan kondisinya, karena sekarang ketika mendengar kata hotel atau anjing dia ketakutan," kata Raymond, ayah korban.


General Manager Vila dan Restoran Sawah Joglo, Ibnu Prasetya Nugraha, mengakui dua ekor anjing yang menggigit JC awalnya milik adik artis Boy William, Raymond Hartanto. Namun saat ini, kepemilikan anjing disebut sudah pindah tangan.

"Kedua anjing itu milik adiknya Mas Boy William, dulunya milik adiknya Mas Boy, Mas Raymond Hartanto," kata Ibnu saat dihubungi wartawan," ujar Ibnu, Senin (24/6/2019). Diketahui pula, kedua anjing di tempat itu memang tidak sedang diikat atau dikandangkan.

Lalu, bagaimana sebetulnya karakteristik dua anjing tersebut?

Anjing Herder
Foto:Anjing German Sheperd/ Reuters


Seperti dikutip dari situs dogster, anjing herder dikenal sebagai anjing gembala Jerman (German Sheperd). Anjing ini mulanya dikembangbiakkan pada abad ke-20 di Jerman oleh seorang peternak Jerman, bernama Max von Stephanitz. Di negara asalnya, anjing herder ini dimanfaatkan sebagai anjing gembala, karena memiliki bentuk fisik yang berotot dan kuat.

Sedangkan cirinya yang lain, anjing ini memiliki bulu yang biasanya didominasi oleh warna cokelat dan hitam. Herder juga dikenal sebagai anjing yang cerdas dan sangat loyal terhadap pemiliknya. Maka dari itu, anjing herder di banyak negara kerapkali dimanfaatkan sebagai anjing pekerja dan anjing polisi.


Untuk karakteristiknya, anjing herder merupakan tipe anjing galak. Namun, sebetulnya anjing herder juga ramah, tergantung dari seseorang yang dia hadapi. Anjing herder termasuk anjing yang membutuhkan interaksi tinggi dengan pemiliknya. Sebab, hal ini juga akan berpengaruh terhadap temperamennya.

Anjing herder juga termasuk anjing yang hanya menggonggong saat diperlukan. Misalnya, ketika ada orang asing yang mencurigakan, anjing herder akan menggonggong secara protektif.

Anjing Samoyed

Foto: Anjing Samoyed/Reuters

Seperti dikutip dari situs dogtime, anjing samoyed merupakan salah satu dari anjing ras termurni di dunia. Nama samoyed sendiri merupakan nama yang diambil dari nama bangsa yang hidup di Siberia, yang membiakkan anjing ini sejak ribuan tahun yang lalu. Di tempat asalnya, di Siberia, anjing samoyed dimanfaatkan sebagai anjing yang menarik kereta luncur, seperti rusa kutub. Karena asal mulanya ini, anjing samoyed dikenal sebagai anjing yang kerap membantu kegiatan sehari-hari pemiliknya.

Selain itu, samoyed dikenal sebagai anjing yang murah senyum. Oleh karena itu, samoyed juga kerap dijuluki sebagai 'sammy smile' atau si sammy yang murah senyum. Ciri fisiknya, samoyed memiliki bulu tebal warna putih yang kadang berwarna kecoklatan. Bulu anjing samoyed di tempat asalnya, ternyata juga diolah menjadi kain wol untuk bahan pakaian musim dingin.

Lantas, karakter anjing samoyed tergolong yang ramah, aktif dan cerdas. Karena karakternya ini, anjing samoyed dikenal sebagai anjing yang memiliki loyalitas tinggi kepada pemiliknya. Samoyed juga memiliki tingkat kewaspadaan tinggi, sehingga sering dijadikan sebagai anjing pengawas.

Sedangkan, temperamen samoyed dipengaruhi oleh beragam faktor. Dari faktor keturunan, pola pelatihan, hingga pola perawatan. Samoyed juga bukan tipe anjing yang baik untuk dikandangkan. Sebab, samoyed justru akan rentan sedih dan stress jika terlalu lama ditaruh dalam kandang.



Tonton video Anjing yang Gigit Bocah Perempuan Bukan Punya Boy William:

[Gambas:Video 20detik]


(rdp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed