detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 11:26 WIB

Sempat Ditutup, Jalan Medan Merdeka Barat di Depan MK Kembali Dibuka

Faiq Hidayat - detikNews
Sempat Ditutup, Jalan Medan Merdeka Barat di Depan MK Kembali Dibuka Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, Selasa (25/6/2019) (Faiq Hidayat/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Jalan Medan Merdeka Barat di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) kembali dibuka kepolisian. Arus lalu lintas kembali normal.

"Hari ini aktivitas di depan MK berjalan normal. Terkait pengalihan arus, kita akan lihat situasi dinamika di lapangan," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan di depan gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Pantau detikcom di lokasi, sejak pukul 10.00 WIB, arus lalu lintas di depan MK yang mengarah ke Harmoni padat. Begitu juga arah sebaliknya, yakni menuju MH Thamrin.

Sedangkan lalu lintas di Jalan Abdul Muis di belakang gedung MK menuju Pasar Tanah Abang terlihat ramai lancar.





Pada Senin (24/6), Jalan Medan Merdeka Barat ditutup saat memasuki tahapan pada rapat permusyawaratan hakim (RPH) sidang sengketa Pilpres 2019. Para pengendara yang ingin melintas dialihkan kepolisian.

Menurut Harry, pengalihan arus lalu lintas jalan tersebut sempat mengganggu aktivitas masyarakat. Oleh sebab itu, pihaknya akan mengalihkan arus lalu lintas di lokasi secara situasional.

"Banyak aktivitas masyarakat yang kemarin dialihkan dan ada sempat masuk ke kami juga menyampaikan bahwa mereka merasa terganggu dengan pengalihan aktivitas di lapangan," jelas dia.

Untuk pengamanan gedung MK, Harry menyebut ada 13.747 personel gabungan TNI-Polri yang dikerahkan. Selain di gedung MK, pengamanan dilakukan di sekitar gedung MK.

"Dan cakupannya di sekitar Patung Kuda. Kemarin ada beberapa aksi masyarakat. Kita arahkan tidak boleh aksi di depan MK dan mereka kita arahkan di depan area Patung Kuda," tutur dia.



Tonton video H-2 Sidang Putusan MK, 13 Ribu Personel TNI-Polri Bersiaga:

[Gambas:Video 20detik]


(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed