detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 03:21 WIB

Pemkab Paser Kaltim akan Lanjutkan Pembangunan Bandara di 2020

Tim detikcom - detikNews
Pemkab Paser Kaltim akan Lanjutkan Pembangunan Bandara di 2020 Ilustrasi Bandara (Foto: Kiagoos Auliansyah/detikcom)
Paser - Pemkab Paser, Kalimantan Timur, berencana melanjutkan pembangunan bandara yang sempat terhenti karena permasalahan hukum. Pembangunan bandara itu rencananya diambil alih pemerintah pusat dan pendanaannya bersumber dari APBN.

"Sebelum pembangunan dilanjutkan, Pemkab Paser harus melengkapi beberapa dokumen sebagai persyaratan usulan ke Kementerian Perhubungan," kata Kepala Dinas Perhubungan Paser, Inayatullah, ketika dihubungi dari Samarinda, seperti dikutip dari Antara, Senin (24/6/2019).


Pembangunan bandara itu rencananya dilanjutkan pada 2020. Inayatullah menjelaskan, syarat pertama adalah dokumen opini hukum yang menyatakan apabila pembangunan bandara dilanjutkan dengan dana APBN tidak akan berpengaruh terhadap kasus hukum yang pernah terjadi. Kemudian, persyaratan lainnya adalah adanya dokumen legalitas lahan bandara.

Menurut Inayatullah, meskipun lahan bandara sudah dibebaskan pemerintah daerah, sebagian legalitas hak tanahnya masih belum dalam bentuk sertifikat. Sebab, terdapat beberapa kendala pengurusan sertifikat di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Ia menyebutkan pembebasan lahan sudah dilakukan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dan masalah tanah akan segera diselesaikan pada tahun ini.


Inayatullah mengatakan, karena pembangunan bandara tersebut sempat bermasalah, perlu ada kajian teknis dari perguruan tinggi yang direkomendasikan Ditjen Perhubungan Udara. Dokumen kajian teknis itu untuk menguraikan permasalahan dengan menggunakan pola penanganan nasional.

Kajian teknis perguruan tinggi ditargetkan selesai tahun ini. Namun anggaran yang disediakan pada APBD murni 2019 masih kurang sehingga diusulkan penambahan anggarannya di APBD perubahan 2019.

"Setelah semua berkas siap, maka tahap selanjutnya semua dokumen persyaratan diserahkan ke Direktorat Bandar Udara Kemenhub untuk mereka pelajari dan sebagai dasar pengusulan penganggaran," katanya.



Tonton video Kemenhub Rencana Bangun Terminal Sekelas Bandara:

[Gambas:Video 20detik]


(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed