detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 01:45 WIB

Yel-yel Suporter PSPS Hina Gubernur, LAM Riau Protes Keras

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Yel-yel Suporter PSPS Hina Gubernur, LAM Riau Protes Keras Gubernur Riau Syamsuar (Chaidir Anwar T/detikcom)
Pekanbaru - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau memprotes keras atas yel-yel suporter PSPS yang menghina Gubernur Riau Syamsuar. LAM Riau menilai sikap suporter PSPS itu tidak pantas dilakukan.

Yel-yel para suporter PSPS itu sebelumnya beredar di media sosial. Dalam video yang viral itu, para suporter menyamakan Gubernur Riau Syamsuar dengan binatang melalui sebuah lagu. Yel-yel tersebut bergaung dalam aksi demo suporter PSPS yang dilakukan setelah klub idolanya itu kalah tanding melawan PSMS Medan.

"Kata-kata dalam yel-yel bentuk nyanyian yang disampaikan pengunjuk rasa sangatlah kasar dan tidak patut diarahkan kepada siapa pun. Apalagi ditujukan kepada pemimpin pemerintah setingkat gubernur, yang belum tentu terkait langsung dengan persoalan yang meresahkan kelompok pengunjuk rasa. LAM Riau sangat menyesalkan kejadian tersebut," kata Ketua Majelis Karapatan Adat LAM Riau Datuk Seri Al Azhar dalam keterangan tertulis, Senin (24/6/2019).



Al Azhar menyebutkan, di negeri Melayu ini, kesantunan harus dijunjung tinggi. Sebab, hal itu terkait dengan marwah, martabat, dan harga diri.

"Apa pun situasinya, ketidaksantunan, baik dalam bentuk kata maupun perbuatan, adalah pencederaan marwah, dan sangat berpotensi menimbulkan reaksi serta masalah-masalah lain yang sama-sama tidak kita harapkan," tegas Al Azhar.



Protes tak hanya datang dari pihaknya. Al Azhar mengatakan Aliansi Penjaga Marwah Riau (APMR) menyesalkan sikap suporter PSPS. Sore tadi, kata dia, APMR menyerahkan surat agar LAM Riau memproses kasus ketidakpatutan dan penghinaan terhadap Gubernur Riau tersebut.

"Kami menduga akan ada pula kelompok-kelompok lain yang juga bereaksi," kata Al Azhar.

"Terhadap kejadian itu, berserta reaksi yang timbul, LAM Riau akan segera bermusyawarah untuk menyepakati sikap selanjutnya," imbuh dia.


Tonton video Suporter PSPS Nyalakan Flare Demo Pemprov Riau:

[Gambas:Video 20detik]


(cha/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed