detikNews
Senin 24 Juni 2019, 18:54 WIB

Semarang Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Semarang Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi Foto: Dok. Pemkot Semarang
Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tengah mempersiapkan gelaran Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) yang akan berlangsung pada Juli 2019 mendatang. Menurut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, acara tersebut diprediksi akan menyedot ribuan orang ke Kota Semarang.

Maka dari itu, jajarannya tengah melakukan persiapan secara total dan matang untuk menyukseskan acara tersebut.

"Ini bisa menjadi sebuah cerita baik, namun juga bisa menjadi cerita buruk. Cerita baik kalau kita mempersiapkan dengan baik, cerita buruk kalau kemudian muncul persoalan-persoalan," ujar Hendi--sapaan akrabnya--dalam keterangan tertulis, Senin (24/6/2019).


Hendi mengatakan beberapa problem yang sering kali dihadapi saat gelaran Apeksi sebelumnya adalah acara tidak tepat waktu serta peserta dan pembicara yang belum hadir saat acara dimulai. Untuk itu, Hendi meminta pengampu acara mempersiapkan rangkaian acara dengan baik.

Dalam rapat koordinasi yang berlangsung pada Senin (24/6/2019) di Balai Kota, Hendi ingin memastikan setiap detail acara, titik-titik lokasi sejumlah acara akan digelar berikut perizinannya, termasuk pelaksanaan promosi dan publikasi juga perlu dimaksimalkan.

Hendi pun meyakini acara Apeksi akan membawa dampak menguntungkan bagi perekonomian di Kota Semarang karena bisa mendatangkan wisatawan dari berbagai mancanegara.

"Event ini akan mendatangkan wisatawan dalam jumlah yang banyak, hotelnya laris, kulinernya laris, insyaallah suvenirnya pun juga ikut laris, namun sampahnya juga pasti semakin banyak," jelas Hendi.

Maka ia berpesan kepada dinas terkait, khususnya Dinas Lingkungan Hidup, untuk aktif dalam menanggulangi problem sampah, agar kota semarang bisa memberikan citra yang baik dalam acara tersebut.


"Saya minta DLH untuk menurunkan tim sebanyak-banyaknya, tempat-tempat yang memiliki potensi wisata untuk diperbanyak petugasnya secara rutin 24 jam." tegas Hendi.

Selain itu, pihaknya mengingatkan untuk menciptakan suasana aman dan nyaman serta memastikan agar problematika kemacetan tidak ada.

Sekadar informasi, pasca-Rakernas Apeksi, Pemerintah Kota Semarang juga akan menyelenggarakan dua acara internasional, yakni MXGP pada 12-14 Juli dan ASEAN School Games pada 17-22 Juli 2019.

Hendi berpesan kepada segenap Liaison Officer Apeksi untuk menyampaikan kepada peserta adanya 2 acara pasca-Apeksi sekaligus mengundang mereka untuk hadir kembali ke Kota Semarang.

"Jadi LO ini selain membantu tamu supaya peserta datang tepat waktu, ini juga berfungsi sebagai marketing-nya Pemerintah Kota Semarang, PR-nya Kota Semarang," pungkas Hendi.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed