detikNews
Senin 24 Juni 2019, 18:35 WIB

Pasien Meninggal Usai Disuntik Perawat, Ini Penjelasan RS di Sibolga

Abdi Somat Hutabarat - detikNews
Pasien Meninggal Usai Disuntik Perawat, Ini Penjelasan RS di Sibolga Juru Bicara RSU Dr Fl Tobing Sibolga, Elvino Kusuma Harahap (Foto: Abdi Somat Hutabarat/detikcom)
Sibolga - Gisen Pasaribu (17) meninggal dunia setelah mengalami kejang-kejang. Kejadian ini berlangsung beberapa saat setelah pasien disuntik perawat di RSU Dr Fl Tobing Sibolga, Sumut.

Keluarga yang menduga kematian Gisen Pasaribu tidak wajar sempat melapor ke Polres Kota Sibolga. Polisi yang datang ke RS meminta agar dilakukan autopsi.

Tapi pihak keluarga tak melakukan autopsi karena tidak memiliki uang. Pasien langsung dibawa ke rumah dan dimakamkan.

Gisen datang ke RS untuk operasi hernia pada Kamis (20/6). Operasi berjalan lancar hingga Gisel bisa berkomunikasi dengan keluarga.

Pada Jumat (21/6), orang tua pasien meminta perawat memperbaiki posisi tali infus. Perawat datang sekaligus menyuntikkan obat ke dalam tali infus.

Beberapa menit kemudian, pasien mengeluhkan kondisi pusing kepala hingga kejang dan mengeluarkan busa dari mulutnya.

"Setelah operasi anak sudah sehat, tidak ada keluhan apa-apa. Saat itu meminta perawat untuk memperbaiki infus anak, perawat datang membawa obat lalu menyuntikkan obat ke dalam infus anak. Beberapa menit kemudian, anak pusing dan muntah hingga kejang-kejang mengeluarkan busa dari mulutnya," kata Amran Marbun, pihak keluarga mewakili orang tua pasien saat dimintai konfirmasi.

Sementara itu, juru bicara RSU Dr Fl Tobing Sibolga, Elvino Kusuma Harahap, mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab meninggalnya Gisen Pasaribu. Pihak RS menyelidiki penyebab meninggalnya pasien.

"Kalau masalah itu, kami akan menindaklanjutinya lagi," kata Elvino, Senin (24/6).

Elvino menerangkan, pihak RS menangani pasien Gisen Pasaribu sesuai dengan prosedur. "Masuk ke ruangan, setelah itu diberi obat sesuai dengan SOP," tegas dia.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed