detikNews
Senin 24 Juni 2019, 17:37 WIB

Anies Anjurkan Orang Tua Tak Antre PPDB dari Subuh

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Anjurkan Orang Tua Tak Antre PPDB dari Subuh Anies Baswedan saat HUT DKI. (Foto: Pradita Utama/detikcom)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan percaya jajarannya mengerahkan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan efisien. Maka, dia meminta orang tua tak mengantre pendaftaran dari subuh.

"Nah, itu juga yang kami anjurkan kepada orang tua bahwa mulainya (pendaftaran) pukul 08.00 WIB. Jadi disarankan tidak perlu menunggu dari subuh, toh verifikasinya bisa dilakukan secara efisien. Insyaallah tidak ada masalah," ucap Anies kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (26/6/2019).


Anies ingin memberikan kepastian kepada orang tua siswa. Dengan demikian, mereka bisa merasa tenang saat anaknya akan mendaftar ke sekolah baru.

"Kita ingin para orang tua mengalami rasa tenang, ada kepastian ketika menyangkut sistem rekrutmen sekolah karena orang tua mencari sekolah dalam suasana pergantian sistem," ucap Anies.

"Karena itu, prinsipnya, kami di Jakarta adalah menghadirkan kepastian sehingga orang tua tenang," ujar Anies.

Pendaftaran PPDB Zonasi di SMPN 129 Papanggo, Jakut / Pendaftaran PPDB Zonasi di SMPN 129 Papanggo, Jakut (Foto: Pradita Utama/detikcom)


Selain itu, Anies menyebut sistem zonasi di DKI Jakarta menerima calon siswa baru dari luar DKI Jakarta. Namun tetap mementingkan siswa yang berada di lingkup zonasi kelurahan.

"Kita memiliki pola untuk SD, SMP, SMA. Jadi PPDB untuk jalur SD, itu zonasi itu basis kelurahan 70 persen, basis provinsi 25 persen, lalu luar DKI 5 persen. Kemudian SMP, SMA zonasi kita ini basisnya kelurahan 60 persen, dari kemudian 30 pesan dari luar kelurahan itu, dan dari luar DKI itu 5 persen, lalu jalur prestasi 5 persen," kata Anies.


Simak Juga "Janji Anies Soal Reklamasi Dikritik":

[Gambas:Video 20detik]


(aik/imk)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed