detikNews
Senin 24 Juni 2019, 17:22 WIB

Sidang Putusan Gugatan Pilpres Kamis 27 Juni, Ini Alasan MK

Eva Safitri - detikNews
Sidang Putusan Gugatan Pilpres Kamis 27 Juni, Ini Alasan MK Ilustrasi, sidang gugatan hasil pilpres di MK. (Grandyos Zafna/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Sidang putusan gugatan hasil Pilpres 2019 digelar Kamis, 27 Juni. Sidang putusan digelar lebih awal dari jadwal semula, yakni Jumat (28/6), karena hakim konstitusi sudah siap dengan putusan permohonan gugatan yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Ya ini keputusan rapat permusyawaratan hakim siang tadi. Bahwa MK akan menyelenggarakan sidang pengucapan putusan pada Kamis, 27 Juni, mulai jam 12.30 WIB," ujar juru bicara MK Fajar Laksono kepada wartawan di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Fajar menegaskan pembacaan putusan gugatan hasil pilpres pada Kamis, 27 Juni, murni pertimbangan internal majelis hakim. Tidak ada pertimbangan lain dalam memutuskan tanggal sidang putusan.





"Semata-mata karena aspek kesiapan majelis hakim," sebutnya.

Pada hari ini, sembilan hakim konstitusi menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH). RPH, disebut Fajar, akan berlangsung hingga Rabu (26/6).

"Jadi kami pastikan bahwa RPH akan terus berlangsung sampai Rabu, sampai menjelang putusan itu diucapkan. Bahkan termasuk dengan finalisasi putusan yang akan dibacakan," kata dia.





Sementara itu, surat pemberitahuan jadwal sidang putusan gugatan pilpres sudah dikirimkan kepada pihak pemohon, yakni Prabowo-Sandiaga; pihak termohon, yaitu KPU; tim Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pihak terkait; dan Bawaslu.

"Sidang di MK itu memang harus memberitahukan kepada para pihak. Artinya, tidak sekonyong-konyong kemudian MK siap hari ini kemudian MK menggelar sidang hari ini juga. Tidak bisa begitu, karena ini hukum acara. Para pihak sudah diberitahukan secara patut siang tadi, artinya hari ini sudah terinformasikan melalui surat itu bahwa para pihak sudah mengetahui dan akan hadir pada tanggal 27 Juni," papar Fajar.






BW: Mau Bilang Kecurangan Nggak Ada, Coy yang Bener Aja Lu!
(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed