detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 02:00 WIB

Laporan Dari Bangkok

Bertemu Duterte, Jokowi Puji Selesainya Ratifikasi Batas ZEE RI-Filipina

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Bertemu Duterte, Jokowi Puji Selesainya Ratifikasi Batas ZEE RI-Filipina Presiden Jokowi bertemu Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Bangkok, Thailand. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Bangkok - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Rodrigo R Duterte di sela KTT ASEAN ke-34 di Bangkok. Presiden mengapresiasi selesainya proses ratifikasi Perjanjian batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-Filipina.

"Saya menyambut baik selesainya proses ratifikasi Perjanjian batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-Filipina," kata Jokowi kepada Duterte di The Athenee Hotel, Luxury Collection, Bangkok, Sabtu (22/6/2019)

Pertukaran instrumen ratifikasi akan dilakukan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Filipina di Jakarta pada Agustus 2019. Ratifikasi ini akan memberikan kepastian hukum bagi penegakan hukum dan peningkatan kerja sama di bidang maritim.


"Saya mengusulkan kiranya kita dapat menugaskan tim kita untuk segera memulai negosiasi Landas Kontinen," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menlu Retno mengatakan baik Jokowi dan Duterte sepakat akan memberikan pernyataan pers terkait ratifikasi perjanjian batas ZEE RI-Filipina.

"Nanti press statement-nya akan dibagikan oleh pak direktur kepada teman-teman (media) dan bulan Agustus pada saat menteri Luar Negeri Filipina berkunjung ke Indonesia maka akan dilakukan pertukaran dokumen Ratifikasi tersebut. Jadi untuk batas maritim ZEE dengan Filipina kita done," kata Retno.

Retno mengungkapkan, dalam pertemuan bilateral tersebut Jokowi juga membahas kerjasama keamanan di perairan Sulu.

"Kemudian presiden juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang dilakukan di dalam upaya pembebasan para Sandera Indonesia di Filipina," ujar Retno.


Tonton video Jokowi akan Gelar Pertemuan dengan PM Prayut:

[Gambas:Video 20detik]


Bertemu Duterte, Jokowi Puji Selesainya Ratifikasi Batas ZEE RI-Filipina

(nvl/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed