detikNews
Sabtu 22 Juni 2019, 12:06 WIB

HUT DKI Jakarta, Mendagri Puji Capaian di Ibu Kota

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
HUT DKI Jakarta, Mendagri Puji Capaian di Ibu Kota Rapat paripurna DPRD DKI dalam rangka HUT ke-492 DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019) Foto: Nur Azizah Rizki Astuti-detikcom
FOKUS BERITA: HUT ke-492 Kota Jakarta
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberi ucapan selamat dan memuji capaian positif di Ibu Kota dalam rapat paripurna istimewa DPRD DKI dalam rangkat HUT ke-492 DKI Jakarta.

"Atas nama pemerintah, saya ucapkan selamat hari jadi Provinsi DKI Jakarta, pada gubernur, masyarakat, terima kasih, khususnya jajaran DKI Jakarta terhadap pembangunan, pemerintahan, khususnya di Provinsi DKI Jakarta," ujar Tjahjo di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).

Tjahjo juga menyinggung soal tema HUT ke-492 DKI, yaitu 'Wajah Baru Jakarta'. Tjahjo punya harapan tersendiri soal tema tersebut.





"Tema hari ulang tahun adalah 'Wajah Baru Jakarta', ini harus dimaknai sebagai perubahan menuju arah lebih baik. Pada perubahan tidak terbatas hanya perubahan fisik Kota Jakarta, tapi perubahan cara pandang baru kota yang kita cintai bersama ini," tuturnya.

"Cara pandang keberhasilan pembangunan Jakarta pada saat ini juga masa-masa datang banyak ditentukan oleh berbagai persyaratan. Terutama kemampuan kita untuk dapat mengoptimalkan seluruh sumber daya, serta mengeliminasi hambatan-hambatan yang ada," lanjut Tjahjo.


Rapat paripurna DPRD DKI dalam rangka HUT ke-492 DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019)Rapat paripurna DPRD DKI dalam rangka HUT ke-492 DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019) Foto: Nur Azizah Rizki Astuti-detikcom




Menurut Tjahjo, pemerintah DKI harus menyadari pentingnya pembangunan berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat. Tjahjo juga membeberkan capaian DKI Jakarta dalam penurunan angka kemiskinan serta peningkatan indeks pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi tumbuh di atas 6 persen, ini menandakan berkat terjaganya momentum perekonomian Ibukota DKI Jakarta," ucapnya.

Tak ketinggalan, Tjahjo juga mewanti-wanti kepada pemerintah provinsi dan DPRD DKI Jakarta dalam penyusunan anggaran tahun 2020. Tjahjo mengingatkan agar berhati-hati terhadap area rawan korupsi.




"Hati-hati terhadap area rawan korupsi yang berkaitan dengan perencanaan anggaran, yang berkaitan dengan dana hibah dan dana bansos, yang berkaitan dengan perizinan, yang berkaitan dengan retribusi dan pajak daerah, yang berkaitan dengan jual beli jabatan. Ini betul-betul harus jadi komitmen bersama, khususnya DKI Jakarta, membangun tata pemerintahan yang transparan," kata Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo juga memberikan piagam HUT DKI Jakarta ke-492. Piagam tersebut diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.
(azr/fdn)
FOKUS BERITA: HUT ke-492 Kota Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed