detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 16:45 WIB

Panglima TNI-Mendikbud Teken Kerja Sama Bentuk Karakter Disiplin Siswa

Farih Maulana Sidik - detikNews
Panglima TNI-Mendikbud Teken Kerja Sama Bentuk Karakter Disiplin Siswa Panglima TNI dan Mendikbud (Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Mendikbud Muhadjir Effendy menandatangani kerja sama tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019. TNI akan terlibat dalam program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kemendikbud.

"Intinya kami akan melibatkan personel TNI seluruh Indonesia untuk ikut mensukseskan, berpartisipasi dan mengisi materi-materi pelatihan yang memang cocok dan relevan kalau itu dilakukan oleh TNI," kata Muhadjir Effendy di Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019).



Muhadjir menjelaskan pelibatan TNI itu untuk membentuk karakter siswa-siswi di seluruh tanah air. Utamanya seperti penanaman disiplin, bela negara dan cinta tanah air. Hal itu penting dilakukan lantaran saat ini banyak ditemukan siswa-siswi yang berprilaku indisipliner.

"Oleh karena itu kita meminta bantuan kepada TNI yang bisa menanam, membentuk karakter disiplin para siswa kita," ujar Muhadjir.

Sementara itu, Hadi mengatakan TNI menyambut gembira dengan program yang disampaikan oleh Mendikbud. Hadi menegaskan mendukung penuh program yang digagas Kemendikbud itu.

"Untuk itu TNI akan mendukung dengan penuh program dari Kemendikbud terkait materi-materi yang ada. TNI juga akan terus mengikuti dan mempersiapkan, menyesuai dengan keinginan dari Kemendikbud," ujar Hadi.



Selain itu, Hadi memandang pentingnya pendidikan karakter diterapkan sejak dini. Dengan ditunjang kemampuan dan fasilitas yang dimiliki TNI, Hadi optimis kerjasama program pembinaan karakter itu akan membuahkan hasil yang maksimal.

"Tidak susah bagi kita untuk menyesuaikan program-program yang diberikan Kemendikbud. Sehingga kami mendukung program ini secara menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia, termasuk sampai ke pelosok tanah air," pungkas Hadi.



Simak Juga 'Blak-blakan Mendikbud: Menjawab Kontroversi Sistem Zonasi':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed