detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 16:38 WIB

3 Oknum Guru Cabul di Serang Ditangkap, Satu Berstatus PNS

Bahtiar Rifa'i - detikNews
3 Oknum Guru Cabul di Serang Ditangkap, Satu Berstatus PNS Foto: Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan (Bahtiar/detikcom)
Serang - Polres Serang mengamankan 3 oknum guru pelaku pencabulan siswi di salah satu SMP di Kabupaten Serang. Salah satu pelaku merupakan guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan berstatus PNS.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan ketiga pelaku pencabulan adalah DD selaku guru IPS berstatus PNS, OH guru seni budaya, dan AS selaku bagian kesiswaan sekolah. Ketiganya diamankan karena terbukti melakukan pencabulan kepada korban bawah umur.


Kasus ini, kata Indra, terjadi pada bulan November 2018 sampai Maret 2019. Masing-masing pelaku melakukan pencabulan pada siswi berbeda. Namun, satu korban melapor polisi karena hamil. Dari situ, terungkap bahwa ada pelaku dan korban lain.

"Tersangka punya korban masing-masing, semuanya masih umur 14 tahun," kata Indra di Mapolres Serang, Serang, Banten, Jumat (21/6/2019).

3 Oknum Guru Cabul di Serang Ditangkap, Satu Berstatus PNSFoto: Penangkapan guru cabul di Serang (Bahtiar/detikcom)

Ketiga oknum guru ini, lanjut Indra, juga saling mengetahui perbuatan masing-masing. Namun, mereka saling diam dan membiarkan perbuatan cabul mereka karena sama-sama tahu.

"Si pelaku di guru sekolah yang sama, mereka saling mengenal. Dan satu guru justru sebagai bagain kesiswaaan," sebutnya.


Polisi menjerat ketiganya dengan Pasal 81 ayat 1 dan 2 jo Pasal 82 ayat 1 dan UU tentang Perlindungan Anak. Karena statusnya sebagai pendidik siswi, kepolisian memberikan alasan pemberatan.

"Karena statusnya pengajar ancaman maksimal mereka 20 tahun dan minimal 7 setengah tahun," ujarnya.

Saat ini, ketiga oknum guru ini sudah dicabut statusnya sebagai pegawai. Satu guru yang PNS juga dinonaktifkan statusnya oleh Pemkab Serang.
(bri/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed