detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 16:14 WIB

Buaya Rawa 2,5 Meter Ditemukan Mati di Pinggir Sungai Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Buaya Rawa 2,5 Meter Ditemukan Mati di Pinggir Sungai Jambi Foto: Buaya yang mati di tepi sungai (Dok ist)
Jambi - Seekor buaya rawa ditemukan warga dalam keadaan mati di pinggiran sungai di Desa Jatimulyo, Tanjung Jabung Timur, Jambi. Buaya berukuran 2,5 meter itu mati dalam kondisi membusuk di pinggiran sungai itu.

Buaya sungai yang kerap kali berada di perairan rawa di Desa Jatimulyo, itu awalnya ditemukan mati membusuk oleh warga pada Kamis (20/6). Hanya saja warga sekitar tidak berani melakukan evakuasi terhadap bangkai buaya itu, hingga dibiarkan membusuk di pinggiran sungai tersebut.

Kepala Desa Jatimulyo, Suyoto menyebutkan bahwa sungai di desa nya itu memang merupakan tempat habitatnya dari buaya. Bahkan ia mengatakan ada seorang anak dari warganya itu pernah menjadi korban keganasan dari buaya yang berada di sungai tersebut. Anak itupun tewas akibat diterkam buaya di sana.



'Kalau matinya buaya itu kita memperkirakan sudah 2 hari. Tetapi ditemukan warga pada Kamis pagi kemaren, sungai itu juga memang tempat habitatnya buaya. Apalagi dulu pernah seorang anak di desa ini tewas diterkam oleh buaya di sana. Kita menduga buaya ini tewas karena mengalami keracunan, tetapi kita belum dapat memastikan lagi apa itu benar keracunan,'' kata Suyoto kepada wartawan, Jumat (21/6/2019).

Ia pun meminta warga tidak ada yang berada di sekitaran lokasi tempat matinya buaya itu. Saat ini dirinya juga telah berkkordinasi dengan pihak BKSDA Jambi untuk melakukan evakuasi terhadap bangkai buaya tersebut.

Sementara pihak BKSDA Jambi juga telah menerima laporan kematian buaya rawa itu. Pihaknya pun saat ini juga sudah turun kelokasi dan telah melakukan evakuasi terhadap bangkai buaya itu.

"Buaya nya sudah kita lakukan evakuasi, hanya saja kita dari pihak BKSDA Jambi belum dapat memastikan secara pasti penyebab kematian buaya rawa itu,'' kata Kasi Wilayah III BKSDA Jambi, Faried saat dihubungi terpisah.




Pihak BKSDA Jambi juga belum dapat menyakini jika buaya itu mati karena keracunan. Ia membantah kalau buaya itu mati akibat dari keracunan.

"Kalau matinya buaya itu diracun saya rasa itu tidak mungkin. Kalau keracunan pastinya ada beberapa buaya di sungai itu ikut mati juga, ini hanya satu. Keracunan makanan juga tidak mungkin, kalau keracunan karena adanya aliran limbah juga tidak, karena hanya satu buaya yang mati. Tetapi kita belum dapat menyimpulkannya karena masih dalam pemeriksaan kita dulu. Apakah buaya itu dipukuli atau bagaimana hingga mati begitu,'' ujarnya



Simak Juga 'Heboh! Penangkapan Buaya Muara 3 Meter di Sumbawa':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com