detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 13:32 WIB

9 Pati untuk Seleksi Capim KPK Belum Final, Polri: Bisa Bertambah

Zakia Liland Fajriani - detikNews
9 Pati untuk Seleksi Capim KPK Belum Final, Polri: Bisa Bertambah Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Rifkianto Nugroho-detikcom)
Jakarta - Polri mengatakan beredarnya sembilan nama perwira tinggi (pati) yang disebut bakal mengikuti seleksi calon pimpinan (Capim) KPK belum final. Nama-nama yang ikut seleksi capim dari Polri bisa saja bertambah atau berkurang.

"Belum final. Bisa bertambah, bisa berkurang dan bisa juga tetap. Nanti mekanismenya kalau proses administrasi sudah selesai, maka dari pimpinan akan memberikan rekomendasi, atas surat rekomendasi itu, secara personal, baru nanti yang bersangkutan untuk mengajukan atau mendaftarkan di Pansel (Panitia Seleksi Capim) KPK," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2019).



Dia mengatakan masih terbuka kesempatan bagi para pati Polri lainnya yang ingin mengajukan diri untuk mendaftar sebagai Capim KPK. Setelah mendaftar, kata Dedi, para pati itu harus mengikuti proses dan tahapan yang sudah diatur oleh Pansel Capim KPK.

"Setelah mendaftar di Pansel KPK, maka harus mengikuti tahapan-tahapan seleksi yang sudah ditetapkan oleh Pansel KPK," ujarnya.

Selain soal Pati yang bakal mendaftar sebagai Capim KPK, Dedi juga bicara tentang para personel Polri yang mengikuti proses untuk menjadi penyidik KPK. Dia menyebut ada 27 orang penyidik yang sedang mengikuti tes internal di KPK.



"Kemarin kan ada tambahan 27, 27 penyidik madya yang sekarang masih dalam proses tes secara internal di KPK. Apakah 27 itu akan diterima semuanya atau berapa yang diterima, itu kewenangan KPK," jelasnya.

Sebelumnya, beredar sembilan nama pati Polri yang disebut bakal menjadi capim KPK. Berikut daftarnya:

1. Wakabreskrim Polri Irjen Antam Novambar
2. Pati Polri penugasan di BSSN Irjen Dharma Pongkerum
3. Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Coki Manurung
4. Analis Kebijakan Utama bidang Polair Baharkam Polri Irjen Abdul Gofur
5. Pati Polri penugasan Kemenaker RI Brigjen Muhammad Iswandi Hari
6. Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Bambang Sri Herwanto
7. Karo Sunluhkum Divisi Hukum Polri Brigjen Agung Makbul
8. Analis Kebijakan Utama bidang Bindiklat Lemdiklat Polri Brigjen Juansih
9. Wakapolda Kalbar Brigjen Sri Handayani.


Simak Juga "Urgensi dan Strategi Pansel Cegah Capim KPK Terpapar Radikalisme":

[Gambas:Video 20detik]


(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed