detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 12:20 WIB

Ulang Tahun, Jokowi Tinjau Runway Baru di Bandara Soekarno-Hatta

Ray Jordan - detikNews
Ulang Tahun, Jokowi Tinjau Runway Baru di Bandara Soekarno-Hatta Presiden Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta (ist)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak meninjau kondisi runway terbaru di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-58. Jokowi berharap runway terbaru di Terminal 3 Bandara Soetta itu bisa segera dioperasikan pada awal Juli nanti.

Jokowi meninjau runway ke-3 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 11.00 WIB, Jumat (21/6/2019). Dia ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Ini sudah runway ketiga di Soetta, sudah selesai 86 persen. Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen dan langsung akan dioperasionalkan. Secepat-cepatnya. Mungkin Juli-lah sudah dioperasionalkan," kata Jokowi di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (21/6/2019).


Jokowi mengatakan Bandara Soekarno-Hatta memiliki pergerakan pesawat sebanyak 81 kali setiap jam. Dengan ditambahkannya runway ketiga tersebut, bisa terjadi pergerakan keluar-masuk pesawat sebanyak 120 kali per jam.

Ulang Tahun, Jokowi Tinjau Runway Baru di Bandara SoettaPresiden Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta (ist)

"Tambahannya gede sekali, tambahannya 50 persen. Sehingga permintaan-permintaan dari maskapai dari negara lain yang sudah antre banyak sekali. Saya sendiri sering, dari Saudi, dari India, Singapura, Malaysia, China, Jepang, semuanya pengen masuk, tapi penuh slotnya. Nah sekarang inilah bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soetta lagi," kata Jokowi.

Jokowi berharap, dengan adanya penambahan landasan pacu tersebut, pesawat yang hendak mendarat atau lepas landas tidak perlu antre lama lagi. "Kita harapkan juga tidak seperti yang kemarin-kemarin, mau turun mutar setengah jam. Nggak ada, setelah ini rampung. Insyaallah sudah nggak ada. Artinya, tambahan kapasitas yang besar ini langsung ketutup," jelasnya.

Setelah ini, kata Jokowi, pemerintah akan mulai menambah kapasitas terminal. Dia sudah memerintahkan, baik menteri maupun pihak bandara, segera mempersiapkan perencanaan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta.


Untuk diketahui, hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun Jokowi, yang lahir pada 21 Juni 1961. Jokowi, lewat akun media sosialnya, mengatakan dirinya memang tidak pernah merayakan ulang tahun. Namun dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang memberinya ucapan.

"Terima kasih untuk segala perhatian, doa, dukungan, dan amanah yang tercurah dari seluruh rakyat kepada saya dan keluarga. Selama ini saya tak pernah merayakan hari ulang tahun. Tak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur ke hadirat Allah SWT, dan negeri yang menanti kerja bersama kita," cuit Jokowi lewat akun Twitter-nya, @jokowi.




Simak Juga 'Doa dan Ucapan Selamat dari Netizen di HUT Presiden Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(rjo/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com