detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 11:22 WIB

Zulkifli Terima Delegasi KRN Tiongkok, Bahas Kerja Sama-Kebebasan Beragama

Zunita Putri - detikNews
Zulkifli Terima Delegasi KRN Tiongkok, Bahas Kerja Sama-Kebebasan Beragama Zulkifli menerima delegasi KRN Tiongkok. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima kunjungan Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (KRN) Tiongkok, Ji Bingxuan. Pertemuan itu membahas kerja sama antarnegara hingga kebebasan beragama Islam di China.

Pertemuan berlangsung selama kurang-lebih 30 menit di ruang delegasi MPR, gedung Nusantara V, kompleks Senayan, Jakarta, Jumat (21/6/2019). Dalam pertemuan ini, hadir pula Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO).

"Tujuan utama (pertemuan) mempererat hubungan parlemen antar-kedua negara, untuk mendukung kerjasama antar-kedua pemerintahan, juga meningkatkan hubungan yang lebih erat antara rakyat Tiongkok dan rakyat Indonesia, jadi selain hubungan yang erat antar pemerintah parlemen, juga people to people contact antara rakyat, peradaban, budaya ekonomi pelajar, dan sebagainya," ujar Zulkifli.



Selain untuk mempererat kerja sama antarnegara, Zulkifli mengatakan pertemuan dengan Ji Bingxuan juga membahas kebebasan beragama umat Islam di China. Ji Bingxuan, kata Zulkifli, menjamin kebebasan beragama umat islam di China.

"Tadi yang penting Pak Hidayat bertanya, meminta agar Islam di Tiongkok betul-betul dapat kebebasan, dan itu mereka katakan dijamin menghargai Islam sebagai agama, sebagai peradaban sekarang, dan masa akan datang, sebagaimna ditempat kita," jelasnya.

Dalam pertemuan itu, Ji Bingxuan juga memberikan sebuah lukisan karya sendiri. Zulkifli juga memberikan cendera mata berupa desain gedung parlemen MPR, DPR, dan DPD kepada Ji Bingxuan.
(zap/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed