detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 20:14 WIB

Pemkab Serang Beri Beasiswa Universitas Negeri untuk Warga Miskin

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Pemkab Serang Beri Beasiswa Universitas Negeri untuk Warga Miskin Foto: Dok. Pemkab Serang
Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan menyediakan beasiswa perguruan tinggi negeri bagi masyarakat Serang yang tidak mampu. Kebijakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkup Kabupaten Serang.

Menurut Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, semua sumber daya manusia Kabupaten Serang yang punya kemampuan akademik yang baik tidak boleh ada yang kesulitan kuliah di perguruan tinggi negeri.

"Untuk itu, anak Kabupaten Serang yang diterima di perguruan tinggi negeri mana pun, tapi tidak sanggup biayanya atau tidak mampu, silakan datang ke Pemda Kabupaten Serang," kata Tatu dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6/2019).


Tatu mengatakan awalnya beasiswa hanya diberikan untuk beberapa perguruan tinggi saja. Kemudian, ia memperluas ke semua perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

"Khusus warga Kabupaten Serang, dan koordinasi dengan kepala Dinas Pendidikan dan Kabupaten Serang. Pemkab akan membantu," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengakui sudah menerima instruksi dari Bupati Serang perihal beasiswa perguruan tinggi.

"Ibu Bupati punya niat sangat mulia. Beliau menyampaikan bahwa tidak boleh ada siswa putus sekolah, dan khusus mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, tetapi punya kemampuan akademik yang baik, harus diberikan beasiswa," ujarnya.


Namun Asep menegaskan bahwa saat ini Disdikbud hanya bisa memfasilitasi beasiswa bagi warga kurang mampu yang punya kemampuan akademik yang baik di perguruan tinggi negeri.

"Selama ini yang punya kemitraan dengan kami memang perguruan tinggi negeri," ujarnya.

Diketahui, Disdikbud Kabupaten Serang memfasilitasi beasiswa SD, SMP, dan perguruan tinggi. Untuk beasiswa SMA, Disdikbud bekerja sama dengan Baznas Kabupaten.
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed