detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 17:34 WIB

Ini Alasan KPU Tak Hadirkan Saksi di Sidang Sengketa Pilpres

Dwi Andayani - detikNews
Ini Alasan KPU Tak Hadirkan Saksi di Sidang Sengketa Pilpres Sidang di MK (Foto: Grandyos Zafna)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - KPU tidak menghadirkan saksi dalam sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi. KPU merasa sudah cukup mampu menjawab permasalahan dalam gugatan.

"Berdasarkan perkembangan sidang tadi malam, saksi-saksi yang diajukan pemohon kemudian pertanyaan dan jawaban yang diajukan oleh kita," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019).

"Kami sudah cukup mampu menjelaskan apa yang kita mau, makanya kemudian kita tidak mengajukan saksi," sambungnya.



Arief mengatakan pihaknya memilih hanya menghadirkan dua ahli dalam persidangan. Namun, satu ahli tidak hadir dalam persidangan dan hanya memberikan keterangan tertulis.

"Kami menilai, sudah cukup penjelasan yang kita sampaikan. Nah kemudian ahli, kita menghadirkan dua ahli satu memberikan penjelasan tertulis dan satu hadir memberikan penjelasan langsung," ujar Arief.



Meski begitu, Arief menyebut apa yang telah disampaikan ahli dalam persidangan cukup jelas. Menurutnya, ahli tersebut dapat menjelaskan persoalan yang dipermasalahkan.

"Apa yang dijelaskan oleh Prof Marsudi tadi, menurut saya cukup mampu menjelaskan semua hal yang tadi malam diperdebatkan," kata Arief.


Simak Juga "Hakim Turun Tangan Menjelaskan ke Kuasa Hukum Prabowo":

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/knv)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed