detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 17:03 WIB

Tak Bawa Saksi di Sidang MK Besok, Bawaslu Beri Jawaban 200 Lembar

Dwi Andayani - detikNews
Tak Bawa Saksi di Sidang MK Besok, Bawaslu Beri Jawaban 200 Lembar Ilustrasi suasana persidangan di Mahkamah Konstitusi. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Bawaslu mendapatkan kesempatan menghadirkan saksi dan ahli dalam sidang lanjutan gugatan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun Bawaslu memilih tidak mendatangkan seorang saksi pun.

"Kami tidak ada saksi. Jadi kami cukup dengan memberikan jawaban tertulis dengan tebal sekitar 200 (halaman), lebih 230-an dengan alat bukti dokumen dan surat-surat," kata Ketua Bawaslu Abhan seusai persidangan di MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019).

Abhan mengatakan argumen yang akan disampaikan dalam sidang besok adalah berbagai fakta pengawasan yang dilakukannya dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu, pemaparan soal tindak lanjut penanganan dugaan pelanggaran pemilu akan disampaikan ke majelis hakim.


Dalam persidangan yang berlangsung hari ini, pihak termohon, yaitu KPU, mendapat giliran menghadirkan saksi dan ahli. Namun KPU hanya mendatangkan seorang ahli serta memberikan keterangan seorang ahli lainnya secara tertulis.

Persidangan dilanjutkan pada esok hari, Jumat (21/6). Agenda sidang pada esok hari yaitu giliran pihak terkait, yaitu tim hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Bawaslu untuk menghadirkan saksi dan ahli.



Tonton video Arsitek KPU: Situng Tetap Aman Meski Dibom Sekalipun:

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/imk)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed