detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 15:48 WIB

Berdayakan Peternak Lokal, Dompet Dhuafa Target 30 Ribu Hewan Kurban

Nurcholis Maarif - detikNews
Berdayakan Peternak Lokal, Dompet Dhuafa Target 30 Ribu Hewan Kurban Foto: Akrom Hazami/detikcom
Jakarta - Dompet Dhuafa menargetkan 30 ribu hewan kurban di Hari Raya Idul Adha tahun 2019 ini. Untuk memenuhi target tersebut, Dompet Dhuafa melanjutkan program Tebar Hewan Kurban (THK).

Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa Yuli Pujihardi, mengatakan target 30 ribu hewan kurban tersebut akan didistribusikan di seluruh daerah Indonesia yang membutuhkan.

"Pendistribusian dagingnya menjangkau daerah-daerah pelosok, marginal, terluar, dan termasuk wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda, dan Konawe," ujar Yuli dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6/2019).


Yuli juga mengatakan akan melakukan pendekatan dengan memberdayakan dan menyeleksi peternak lokal untuk mengelola hewan kurban yang diterima Dompet Dhuafa.

"Tujuannya agar masyarakat yang lebih membutuhkan, merasakan lezatnya daging kurban di Hari Raya Idul Adha dan juga mengangkat keberdayaan peternak lokal," ucap Yuli.

Lanjut Yuli, pihaknya memberi kemudahan pekurban melalui layanan kurban yang telah disiapkan. Mulai dari kanal perbankan, QR code, payment online, kerja sama dengan e-commerce, jemput kurban, sampai 75 konter dan gerai THK di Jabodetabek serta jaringannya di seluruh Indonesia.


"Pengadaan hewan kurban juga harus melalui standar dan mutu kualitas, termasuk pengendalian dan pengontrolan mutu hewan kurban THK oleh tim QC Dompet Dhuafa," pungkas Yuli.

Sebelumnya pada tahun 2018, Dompet Dhuafa menerima 18.558 hewan kurban berupa domba dan kambing serta didistribusikan ke lebih dari satu juta penerima daging kurban.

Adapun selama program THK bergulir, Dompet Dhuafa sudah menyebarkan hewan kurban sebanyak 237.520 ekor dan didistribusikan hampir kepada 5 juta kepala keluarga dengan sebaran hingga 34 provinsi di Indonesia dan lebih dari 15 negara konflik.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed