detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 15:30 WIB

Sidang Sengketa Pilpres

Ahli IT Beri Masukan ke KPU Agar Kisruh Situng Tak Terjadi Lagi

Faiq Hidayat - detikNews
Ahli IT Beri Masukan ke KPU Agar Kisruh Situng Tak Terjadi Lagi Prof Marsudi Wahyu Kisworo (Foto: Grandyos Zafna)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Ahli IT yang dihadirkan pihak KPU, Prof Marsudi Wahyu Kisworo, memberikan masukan ke KPU agar kisruh Situng tak terjadi. Marsudi mengatakan, sebaiknya di website Situng pemilu berikutnya memisahkan data yang sudah divalidasi dan yang belum.

"Situng sekarang punya kekurangan, harusnya Situng menampilkan data tervalidasi dan belum divalidasi di 2 tempat terpisah," ujar Marsudi saat sidang lanjutan gugatan Pilpres 2019, Kamis (20/6/2019).

Marsudi mengatakan, dengan menampilkan 2 data berbeda maka pengakses website situng bisa melihat mana data yang belum valid atau data belum valid. Sehingga tak ada lagi data yang tersamar.



"Kalau boleh saya beri masukan maka nanti tampilkanlah 2 halaman berbeda ini data sudah tervalidasi dan 1 lagi data belum tervalidasi. Dalam sistem informasi ini sah-sah saja bisa memberikan masukan dengan demikian keributan macam saat ini tidak terjadi tapi belum valid dan yang ini sudah valid," kata Marsudi.



Marsudi menjelaskan, Situng merupakan komponen penting dalam pemilu. Situng bisa menghilangkan asumsi atau praduga dari masyarakat.

"Situng bagi saya alat yang sangat penting untuk ajak partispasi masyarakat. Kalau tidak ada situng cuma praduga dan bola liar di medsos dan takut terjadi hal yang kurang baik," ungkapnya.


Lokasi Akses Sistem Situng Cuma di KPU dan 2 Tempat Rahasia:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/imk)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed