detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 11:27 WIB

Akhirnya SMP 2 Dompu Kembalikan Duit Pungli SKHU Rp 100 Ribu

Faruk - detikNews
Akhirnya SMP 2 Dompu Kembalikan Duit Pungli SKHU Rp 100 Ribu Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Dompu - Jajaran guru dan pengurus SMP Negeri 2 Dompu di Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya mengembalikan uang pungutan sebagai syarat pengambilan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) pada siswa. Uang yang dikembalikan sebesar Rp 100 ribu per siswa.

"Karena saya tidak ingin menjadi masalah, makanya saya putuskan mengembalikan uang itu atas dasar inisiatif saya dan komite sekolah," ucap Kepala SMP Negeri 2 Dompu, Effendi, saat dihubungi wartawan, Kamis (20/6/2019).




Pengembalian uang itu dilakukan setelah Effendi dipanggil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Kadisdikpora) Dompu pada Selasa, 18 Juni, lalu. Saat itu, Effendi mengaku mendapatkan arahan dari Kadisdikpora Dompu untuk menghentikan proses pemungutan uang tersebut.

Untuk proses pengembalian uang, Effendi mengaku memanggil para siswa yang telah menyerahkan uang tersebut sebelumnya. Setiap siswa yang uangnya telah dikembalikan diharuskan mengisi daftar nama sebagai bukti pengembalian uang.




"Kemarin saya dipanggil Kadisdikpora menyarankan kepada saya untuk menghentikannya, makanya saya kembalikan sekaligus," sebut Effendi.

Proses pengembalian uang telah dilakukan sejak Rabu, 19 Juni, kemarin. Effendi menegaskan semua siswa yang sudah telanjur menyerahkan uang akan mendapatkannya lagi tanpa kecuali.

"Dari 200 orang, lebih dari 70 orang siswa telah kita kembalikan uangnya. Sekarang masalah itu sudah selesai," sebut Effendi.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed