detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 11:03 WIB

HUT Ke-492 DKI Jakarta

Jakarta Bakal Punya Trotoar yang Ramah Pejalan Kaki

Tia Reisha - detikNews
Jakarta Bakal Punya Trotoar yang Ramah Pejalan Kaki Trotoar di Kemang/Foto: Rifkianto Nugroho
FOKUS BERITA: HUT ke-492 Kota Jakarta
Jakarta -
Pemerintah DKI Jakarta berkomitmen untuk menata trotoar yang ramah pejalan kaki di beberapa titik di wilayah Jakarta. Salah satunya trotoar di kawasan Kemang yang rencananya akan dibangun lebih lebar.

Penataan trotoar di kawasan Kemang dilakukan mengingat kawasan ini merupakan salah satu pusat kuliner dan wisata di Jakarta Selatan. Namun kawasan ini sering kali macet, terlebih saat memasuki akhir pekan.

"Kita ingin menata kawasan Kemang supaya menjadi kawasan yang ramah untuk pejalan kaki, tempat itu macet kalau sudah hari Sabtu, Minggu, padahal itu salah satu pusat kuliner dan wisata di Jakarta," ucap Gubernur DKI Anies Baswedan kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).
Anies menyebut Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali sudah bertemu dengan warga Kemang. Anies mengatakan pemerintah sudah mengantongi desain penataan trotoar di Kemang. Pertemuan dengan warga selanjutnya akan membahas soal pelaksanaan pembangunan trotoar tersebut.

Penataan akan dilakukan dari Kemang Selatan ke Kemang Utara sampai ke kawasan Prapanca. Penataan trotoar itu diharapkan dapat membuat ekonomi di Kemang menjadi lebih baik. Pengerjaan revitalisasi trotoar Kemang pun ditargetkan selesai pada November 2019.

Nantinya akan ada rekayasa lalu lintas di Kemang untuk mengurangi kemacetan. Selain itu, akan disediakan bus agar pengunjung di kawasan Kemang bisa berkeliling dengan gratis.

Selain kawasan Kemang, trotoar di Jalan Cikini Raya dan Jalan Kramat Raya juga akan punya wajah baru lewat revitalisasi yang dilakukan Pemprov DKI. Revitalisasi ini direncanakan rampung akhir tahun ini, atau pada Desember 2019.
Revitalisasi akan dimulai pada bulan ini. Nantinya, Pemprov DKI Jakarta akan membangun pembuatan transit plaza di Stasiun Cikini dan ruang publik baru di Tugu Proklamasi dengan total anggaran sebesar Rp 75 miliar.

Menariknya, trotoar ini akan dilengkapi dengan ubin pemandu tuna netra, signage, bollard, bangku, wayfinding, hingga spot kolaborasi seni. Pemprov DKI juga akan membuat akses baru menuju Stasiun Cikini yang disertai integrasi dengan halte baru untuk bus pengumpan TransJakarta.

Revitalisasi trotoar merupakan salah satu penataan complete street yang menjadi program Pemprov DKI Jakarta. Trotoar ramah pejalan kaki pun akan menjadi salah satu wajah baru DKI Jakarta.

Wajah baru DKI Jakarta pun menyambut HUT DKI Jakarta ke-492. Perayaan ini akan dilaksanakan pada 22 Juni 2019 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan acara 'Jakarta Night Festival'.
"Rangkaian-rangkaian sudah dilaksanakan seperti Festival Jakarta Great Sale (FJGS), Pekan Raya Jakarta, lalu juga ada opening ceremony FJGS," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari kepada wartawan, Jumat (14/6/2019).

Acara HUT ke-492 DKI Jakarta akan dimeriahkan oleh panggung hiburan megah, pameran, serta bazar yang menjual produk khas Jakarta. "Kita juga akan menghadirkan artis-artis Ibu Kota, kemudian berkolaborasi dengan pihak lain di tanggal 22 Juni itu. Itu puncaknya," pungkas Premi.

Acara malam puncak perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta juga bisa disaksikan melalui live streaming di portal detik.com dan CNNIndonesia.com pada pukul 19.40 - 20.00 WIB dan dilanjutkan pukul 21.00 - 21.45 WIB. Saksikan juga kemeriahan HUT ke-492 DKI Jakara secara on air di Trans TV dan CNN Indonesia Transvision pukul 20.00 - 21 .00 WIB.

(ega/ega)
FOKUS BERITA: HUT ke-492 Kota Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed