detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 21:19 WIB

Pendaftar PPDB Jalur Tahfiz di Bekasi Antusias Ikuti Tes Hapalan Quran

Isal Mawardi - detikNews
Pendaftar PPDB Jalur Tahfiz di Bekasi Antusias Ikuti Tes Hapalan Quran Foto: Isal Mawardi/detikcom
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Bekasi - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur tahfiz quran tingkat SMP se-Kota Bekasi untuk pertama kalinya dibuka. Calon siswa antusias mengikuti tes hafalan quran.

"Bisa (tes hafalan). Tadi dites suratnya, (surat) Abasa, (surat) As-syams sama (surat) Al-fajr," ujar salah seorang calon siswa, Amiel Al-Haidar (12), ketika ditemui di SDN Margahayu 5, Gang Patriot 1, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Rabu (19/6/2019).

Sekolah tujuan Amiel yakni SMPN 12 Pekayon. Amiel optimis lolos PPDB jalur tahfiz.

Orang tua Amiel, Dewo (53), mengatakan ia sengaja mendaftarkan anaknya di zona tahfiz Quran. Pasalnya, anaknya hafal juz 30.

"Ada info bisa jalur tahfiz. Kebetulan dia (Amiel) penilaian sekolahnya, hafal juz 30. Makanya saya ikut jalur tahfiz ini, harapannya bisa masuk," ujar Dewo.

Dewo mendukung penuh adanya PPDB jalur tahfiz quran ini. "Ini (jalur tahfiz quran) bisa menstimulate orang tua siswa untuk menyarankan anaknya menghafal alquran. Iya saya mendukung (jalur tahfiz quran)," ujar Dewo.

Calon siswa lainnya, Silmi (12), mengaku lancar ketika tes hafalan quran. Sekolah tujuannya yakni SMPN 5 Seroja. Silmi hafal juz ke-30.

"Dari kelas 4 udah mulai hafalan sama guru, pas kelas 6 udah bisa hafal Juz ke-30 semua," ujar Silmi.



Orang tua siswa lainya, Biwan (34), turut mendukung pembukaan jalur tahfiz quran di Kota Bekasi. "Iya ini bagus ya. Tahun ini kan baru pertama. Mudah-mudahan ini seterusnya adalah biar generasi-generasi kita paling tidak ada peluang. Ini kan juga masuknya prestasi juga," ujar Biwan.

Pantauan detikcom, puluhan calon siswa telah memenuhi ruang kelas 1, SD Margahayu 5, Gang Patriot 1, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Rabu (19/6). Tim penguji dari Kemenag Bekasi berjumlah 3 orang.

Satu persatu calon siswa dipanggil untuk tes hafalan quran, sementara calon siswa lainnya tampak berusaha memantapkan hafalan.

Sejumlah calon siswa terlihat gugup saat berhadapan dengan penguji. Tampak calon siswa dites hafalannya dari surat-surat yang dipilih oleh penguji secara acak.

Penanggungjawab Jalur Tahfiz Quran PPDB Kota Bekasi, Anhar, menyebut kuota penerimaan siswa dari jalur tahfiz quran ini sebanyak 2% per sekolah.

Pendaftaran PPDB jalur tahfiz quran dibuka mulai Senin (17/6) hingga Kamis (20/6). Sejauh ini, telah ada 29 calon siswa yang mendaftar. Pendaftaran, verifikasi berkas, dan tes dilakukan di SDN Margahayu 5 dari pukul 08.30 WIB hingga pukul 14.30 WIB.




(mea/mea)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed