detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 17:53 WIB

Polisi Limpahkan 70 Berkas Kasus Kerusuhan 22 Mei ke Kejati DKI

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Polisi Limpahkan 70 Berkas Kasus Kerusuhan 22 Mei ke Kejati DKI Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Polisi menangkap 447 pelaku kerusuhan pada 22 Mei 2019. Dari 447 orang itu, 35 di antaranya anak di bawah umur.

"Ada sejumlah 35 tersangka itu sudah kita proses dan kita ajukan dan hasilnya ada yang dikembalikan orang tua 1 (orang), anak keterbelakangan mental dikembalikan ortu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Argo mengatakan 34 pelaku anak diproses secara diversi. "Ada yang diputus 2 bulan kemudian dilakukan pelatihan di tempat aman di Handayani, Jakarta Timur. kemudian ada yang diputus diversi 6 bulan dan ditempatkan" ujarnya lagi.

Total ada 21 laporan polisi (LP) yang ditangani polisi terkait kerusuhan tersebut. Penyidikan dilakukan di Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya, Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya, Direktorat Narkoba dan Polres Jakarta Barat.

"Kemudian SPDP sudah kita kirim ke kejaksaan karena ada 23 SPDP," kata Argo.

Selanjutnya ada 70 berkas perkara yang sudah dikirim tahap pertama ke Kejati DKI pada 18 Juni 2019.

"Dari 70 berkas perkara ini ada (dari) Dirkrimum 35 berkas, Krimsus 16 berkas, Ditnarkoba ada 11 berkas, dan di Jakbar ada 8 berkas. Jadi kita sudah tahap pertama untuk kasus perusakan dan penyerangan, perusakan ke anggota Polri itu juga kita berkas dan kita kasih kemarin tahap pertama," tutup Argo.



Tonton video Empat Korban Kerusuhan 22 Mei Tewas Kena Peluru Tajam!:

[Gambas:Video 20detik]


(mea/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed