detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 17:12 WIB

CEO Transmedia Masuk Daftar 'Most Impactful Women Leaders 2019'

Zakia Liland - detikNews
CEO Transmedia Masuk Daftar Most Impactful Women Leaders 2019 CEO Transmedia, Atiek Nurwahyuni (Foto: Zakia Liland/detikcom)
Jakarta - Atiek Nur Wahyuni, CEO Transmedia, masuk ke dalam daftar 'Most Impactful Women Leaders 2019'. Daftar ini dibuat untuk pemimpin perusahaan di lingkup BUMN maupun swasta yang berpengaruh positif dalam pengembangan ekonomi dan industri tanah air.

Atiek berharap hal ini bisa menginspirasi generasi muda, utamanya perempuan di Indonesia untuk terus berprestasi. Bersama 15 perempuan lainnya, Atiek masuk ke dalam buku Potraits of Indonesia's Most Impactful Women Leaders 2019.

"Buat saya ini tentunya sesuatu yang menyenangkan juga membanggakan dan tentunya yang lebih penting adalah bagaimana saya bisa menginspirasi generasi muda, kemudian perempuan-perempuan di Indonesia untuk terus bisa berprestasi, berkarir. Mengetahui bahwa kita sebagai wanita tidak ada keterbatasan sama sekali dalam berkarir," kata Atiek dalam peluncuran buku di Ruang Serba Guna, Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (19/6/3019).
Salah satu kontribusi yang dinilai yakni kemampuan dan pengetahuan serta persepsi tentang gender kepada para calon pemimpin masa depan Indonesia. Buku ini dibuat sebagai penghargaan kepada para perempuan yang memimpin perusahaan.

Atiek mengatakan sebetulnya perempuan hebat bukan hanya yang berhasil secara karir. Sebab menurutnya menjadi seorang ibu rumah tangga juga sebuah pekerjaan mulia. Dia mengingatkan perempuan untuk punya kepercayaan diri.

"Sebetulnya, pekerjaan untuk wanita atau kesuksesan wanita bukan hanya dia bekerja di kantor. Tapi juga di sektor informal. Jadi yang penting adalah untuk perempuan harus confident, dia harus selalu yakin bahwa dia itu bisa maju, dan dia bisa bermanfaat untuk dirinya, keluarganya, dan masyarakat pada umumnya. Itu yang harus diyakini," kata Atiek.
Atiek berharap terbitnya buku ini bisa menginspirasi tak hanya wanita, tapi semua orang. Lewat buku ini masyarakat bisa melihat perempuan Indonesia untuk berani dan terus semangat berkarya.

"Buat temen-temen perempuan di Indonesia, ayo kita semangat, kita percaya diri untuk kita bisa maju ke depannya!" kata Atiek.

Di lokasi yang sama, CEO Warta Aksara Sakti, Fauzan Fadel Muhammad, mengatakan kiprah para perempuan memimpin perusahaan merupakan buah dari perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini. Fauzan mengatakan berdasarkan riset, perempuan Indonesia termasuk 9 besar tertinggi di dunia untuk posisi penting di perusahaan.
Selain itu, berdasar survei Grand Thorthon menunjukkan dalam 5 tahun terakhir terjadi peningkatan secara global. Dan di Indonesia perempuan yang jadi pemimpin perusahaan terdiri dari 20% untuk posisi manajer, 17% CEO, dan 10% direktur. Fauzan berharap buku ini jadi inspirasi perempuan Indonesia lainnya.

"Di Indonesia sendiri banyak sekali wanita yang tidak sadar akan full potential mereka dalam mengelola perusahaan. Maka, dari itu dengan hadirnya 16 award ini dapat menjadi teladan bagi kita sebagai pelaku usaha dan seluruh rakyat di Indonesia bahwa wanita bisa berkarya dan bisa lebih hebat dan mengelola atau me-manage perusahaan dari pria," kata Fauzan.

Berikut daftar nama 16 perempuan dalam buku Potraits of Indonesia's Most Impactful Women Leaders 2019:

1. Nurhayati Subakat, Chief Executive Officer PT Paragon Technology & Inovation
2. Cindy Jean, Direkrur Komunikasi & Pemesaran Sepatu Eagle
3. Handayani, Consumer Business Director Bank BRI
4. Anis Anjani, Direktur Keuangan PT Hutama Karya (persero)
5. Lilis Mulyawati, President Director PT Duta Intidaya Tbk (Watsons Indonesia)
6. Lianawaty Suwono, Direktur Bank Central Asia Tbk
7. Rista Qatrini Manurung, Direktur Hukum Kepatuhan dan Resiko PT AIA FINANCIAL
8. Elvira Lianita, Direktur PT HM Sampoerna Tbk
9. Atiek Nurwahyuni, Chief Executive Officer PT Transmedia
10. Ir. Kuntari Laksmitadewi Wahyuningdyah, M.ENG.Sc Direktur Operasi PT Pupuk Indonesia Energi
11. Satia Indrarini, Direktur Pengembangan SDM PT Bank DBS Indonesia
12. Evi Afiatin, Direktur Keuangan PT BPJS Ketenagakerjaan
13. Dian Siswarini, President Director PT XL Axiata
14. Meylindawati, Direktur Keuangan (CFO) Alianz Life Indonesia
15. Silvia Halim, Direktur Konstruksi PT MRI Jakarta
16. Evy lndahwaty, President Direktur PT Radana Bhaskara Finance Tbk
(jbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed