detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 15:27 WIB

ICW Minta Pansel KPK Jangan Kalahkan Integritas oleh Isu Radikalisme

Andi Saputra - detikNews
ICW Minta Pansel KPK Jangan Kalahkan Integritas oleh Isu Radikalisme Donal Fariz (ari/detikcom)
Jakarta - ICW meminta Pansel KPK tidak mengalahkan nilai intergitas calon pimpinan KPK oleh isu radikalisme. Sebab, KPK memiliki fungsi utama pencegahan dan penindakan korupsi.

"Jangan kesampingkan nilai integritas capim KPK karena isu radikalisme," kata penggiat ICW, Donal Fariz, kepada detikcom, Rabu (19/6/2019).

Hal itu menanggapi langkah Pansel KPK yang diketuai Yenti Garnasih menggandeng pelibatan Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) dalam proses seleksi calon pimpinan (capim) KPK. Yenti menyatakan hal itu sebagai langkah antisipasi menyikapi fenomena radikalisme di masyarakat.

"Tugas pokok KPK itu menurut UU sebagai leading sector penindakan dan pencegahan tindak pidana korupsi sehingga indikator integritas, kapasitas antikorupsi mesti menjadi hal yang paling utama diteliti oleh pansel," ujar Donal mengkritik keras langkah Pansel.

Menurut ICW, KPK bukanlah lembaga yang memerangi terorisme. Sebab, sudah ada lembaga khusus yang diberi wewenang UU untuk memerangi paham-paham radikal.

"Jangan sampai seolah isu radikalisme menjadi concern utama pansel. Sebab, KPK itu lembaga pemberantasan korupsi bukan lembaga pemberantasan terorisme karena kita sudah punya BNPT yang bekerja baik selama ini," cetus Donal.

Sebelumnya Yenti menyatakan tak ingin sampai kecolongan bahwa calon pemimpin KPK yang dihasilkan kelak ternyata terpapar radikalisme. Karena itu BNPT akan diminta untuk membantu menelusuri rekam jejak para calon yang mendaftar.

"Kalau dari pimpinan KPK sendiri menyampaikan kondisi internal mereka tidak seheboh seperti yang diberitakan, bahwa ada riak-riak itu hal biasa saja. Tapi kami tetap menilainya sebagai sinyal yang perlu langkah antisipasi," kata Ketua Panitia Seleksi Capim KPK Yenti Garnasih kepada Tim Blak-blakan.
(asp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed