detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 15:25 WIB

Berkas Pidana Pemilu 5 Komisioner KPU Palembang Diserahkan ke Jaksa

Raja Adil Siregar - detikNews
Berkas Pidana Pemilu 5 Komisioner KPU Palembang Diserahkan ke Jaksa Penyidik saat menyerahkan berkas pidana pemilu 5 komisioner KPU Palembang ke Kejari Palembang. (Raja Adil/detikcom)
Palembang - Berkas perkara lima komisioner KPU Kota Palembang sebagai tersangka pidana pemilu diserahkan ke jaksa pada hari ini. Berkas diserahkan ke Kejaksaan Negeri Palembang untuk diteliti.

Berkas telihat diantarkan langsung Kanit Tipikor Polresta Palembang, Iptu Hamsal, dan diterima langsung Kasi Pidum Kejari Palembang, Yulianingsih.

"Hari ini kami telah melimpahkan berkas perkara atau pelimpahan tahap pertama kasus lima tersangka komisioner KPU Kota Palembang," terang Hamsal saat ditemui setelah memberikan pelimpahan berkas, Rabu (19/6/2019).


Hamsal mengatakan berkas kelima tersangka tindak pidana Pemilu 2019 itu diserahkan dalam satu berkas perkara. Termasuk alat bukti yang didapat polisi juga ikut diserahkan.

Setelah pelimpahan berkasnya, Hamsal optimistis berkas akan diterima jaksa. Dia menyebut penetapan kelima komisioner KPU Palembang itu sebagai tersangka sudah sesuai dengan KUHAP.


"Optimis diterima. Kan prosesnya sudah sesuai prosedur, seusai dengan KUHAP," katanya.

Sebagaimana diketahui, lima komisioner KPU Palembang yang menjadi tersangka adalah Ketua KPU Palembang EFY serta empat komisioner lain, yakni Al, YT, AB, dan SA. Kelima tersangka tidak ditahan setelah diperiksa pada Jumat (14/6).


Penetapan tersangka sendiri dilakukan setelah ada laporan Ketua Bawaslu Palembang M Taufik pada 22 Mei 2019, dengan nomor polisi LPB/1105/V/2019/SUMSEL/RESTA. Bahkan puluhan saksi sudah diperiksa.

Dalam laporan tersebut, Taufik menilai KPU Palembang tidak mau menjalankan rekomendasi pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) di beberapa TPS yang menyebabkan hilangnya hak pilih warga pada Pemilu 17 April lalu di Kecamatan Ilir Timur II, Palembang.
(ras/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed