detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 14:08 WIB

Ratusan Warga Miskin di Musi Banyuasin Dapat Bantuan Bedah Rumah

Raja Adil Siregar - detikNews
Ratusan Warga Miskin di Musi Banyuasin Dapat Bantuan Bedah Rumah Foto: Dodi Reza Alex (Raja-detikcom)
Palembang - Sebanyak 225 keluarga tak mampu atau miskin di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan bakal dapat bantuan. Rumah mereka akan dibedah agar layak huni.

"Tahun 2019 ini kami telah canangkan program bantuan bedah atau renovasi rumah warga kurang mampu. Jumlah keluarga pennerima bantuan ada 225," ujar Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/6/2019).

Adapun 255 keluarga penerima bantuan tersebar di Kecamatan Sekayu, Lais, dan Batanghari Leko. Di mana tiga daerah ini merupakan kecamatan dengan kategori miskin berdasarkan data BPS.



Program bedah rumah tersebut, lanjut Dodi direalisasikan untuk menurunkan angka kemiskinan. Sehingga progaram harus benar-banar tepat sasaran dan petugas survei bekerja dengan baik.

"Semua pihak yang terlibat harus bekerja secara profesional. Lurah dan camat pun harus mengetahui program ini dan sama-sama mengawal agar program ini dapat berjalan sesuai undang-undang berlaku," kata Dodi.

Sementara itu untuk jenis bantuan akan diberikan dalam dua jenis. Peningkatan kuakitas rumah serta bedah rumah jika kondisinya sudah tidak layak huni.

"Bantuan itu ada dua jenis, yakni bantuan peningkatan kualitas rumah dan bantuan pembangunan baru. Untuk data keluarga penerima, kami sudah koordinasi dengan kepala desa," ujar Plt Kepala Dinas Sosial Musi Banyusin, Muhammad Jaya.

Tidak ingin bantuan salah sasaran, Jaya pun bakal memverifikasi data penerima bantuan secara transparan dan detail di lapangan. Dengan begitu dana bantuan bisa dinikmati sesuai kebutuhan.



"Mereka yang menerima bantuan harus benar-benar penerima manfaatnya. Kita tidak mau bantuan program bedah atau bangun rumah ini tak sesuai ketentuan dan melanggar hukum. Jadi harus tepat sasaran," katanya.

Dengan program itu, pemerintah optimis dapat menurunkan Angka Kemiskinan di Musi Banyuasin. Termasuk menyalurkan bantuan lewat program tepat sasaran.


(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +