detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 13:40 WIB

HUT ke-492, Ini Sejumlah Tampilan Wajah Baru Jakarta

Raras Prawitaningrum - detikNews
HUT ke-492, Ini Sejumlah Tampilan Wajah Baru Jakarta Anies meninjau JPO GBK yang dilengkapi LED warna warni/Foto: dok. Instagram Anies Baswedan
FOKUS BERITA: HUT ke-492 Kota Jakarta
Jakarta - Ada yang unik dari perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta. Pasalnya, Ibu Kota diyakini bakal punya wajah baru. Hal ini tersirat dari logo HUT ke-492 DKI Jakarta yang menyematkan kata 'Wajah Baru Jakarta'. Apa maksudnya?

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, wajah baru yang dimaksud adalah banyaknya perubahan yang terjadi di Jakarta yang semakin mencerminkan Ibu Kota Indonesia.

Pada acara Pencanangan HUT ke-492 DKI Jakarta yang digelar di Taman O Cibubur, Jakarta Timur pada Sabtu (27/4/2019), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan wajah baru Jakarta bukan sekadar fisik, tapi juga gagasan di baliknya.


"Saya ingin garis bawahi 'Wajah Baru Jakarta' bukan sekadar wajah baru fisiknya saja. Yang harus kita ingat bahwa di balik wajah baru fisik, ada cara pandang yang baru. Kita ingin kebaruan itu dimulai dari pikiran sampai pada perbuatan," ujar Anies.

Jika melihat logo HUT ke-492 DKI Jakarta, dari segi fisik terpampang salah satu ikon baru Kota DKI Jakarta, yakni JPO Senayan. Dengan memperbarui JPO lama menjadi JPO dengan desain baru mampu mewakili wajah baru Jakarta yang modern dan dinamis.


Ada juga ilustrasi Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, metode transportasi terbaru yang mampu menampung lebih banyak penumpang dan ramah lingkungan. Wajah baru Jakarta pada juga dibuktikan dengan kehadiran Terowongan Kendal. Terowongan yang terletak di Jl. Kendal sebelah Stasiun Sudirman ini direnovasi menjadi ikon Kota Jakarta yang sebelumnya terlihat kumuh.

Sementara dari segi warna, terpampang warna biru tosca. Warna ini melambangkan perubahan menuju ke hal yang lebih baik, keceriaan, dan masa depan yang cerah.

Pada 22 Juni mendatang, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Night Festival demi memeriahkan acara HUT ke-492 DKI Jakarta. Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, mengatakan acara tersebut akan digelar di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai pukul 17.00 hingga 19.45 WIB.


"Rangkaian-rangkaian sudah dilaksanakan seperti Festival Jakarta Great Sale (FJGS), Pekan Raya Jakarta, lalu juga ada opening ceremony FJGS," kata Premi kepada wartawan, Jumat (14/6/2019).

Acara HUT ke-492 DKI Jakarta akan dimeriahkan oleh panggung hiburan megah, pameran, serta bazar yang menjual produk khas Jakarta. "Kita juga akan menghadirkan artis-artis Ibu Kota, kemudian berkolaborasi dengan pihak lain di tanggal 22 Juni itu, itu puncaknya," pungkasnya.

Acara malam puncak perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta juga bisa disaksikan melalui live streaming di portal detik.com dan CNNIndonesia.com pada pukul 19.40 - 20.00 WIB dan dilanjutkan pukul 21.00 - 21.45 WIB. Saksikan juga kemeriahan HUT ke-492 DKI Jakara secara on air di Trans TV dan CNN Indonesia Transvision pukul 20.00 - 21 .00 WIB.
(ega/ega)
FOKUS BERITA: HUT ke-492 Kota Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed