detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 12:38 WIB

Ganja hingga Tembakau Gorilla Dimusnahkan Jaksa dari Puluhan Kasus

Muhammad Iqbal - detikNews
Ganja hingga Tembakau Gorilla Dimusnahkan Jaksa dari Puluhan Kasus Pemusnahan barang bukti narkoba di Kejari Cilegon (Muhammad Iqbal/detikcom)
Cilegon - Jaksa eksekutor dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon memusnahkan berbagai barang bukti dari puluhan perkara narkotika. Barang bukti itu terdiri dari ganja, sabu, hingga tembakau Gorilla.

Rincian barang bukti yang dimusnahkan tersebut antara lain 1,67 kg ganja; 119 botol minuman keras oplosan; 32,45 gram sabu; 7,3366 gram tembakau Gorilla; 1.302 butir pil Hexymer; dan 2.625 butir pil Tramadol. Barang bukti itu didapat dari 24 perkara.

Kepala Kejari Cilegon Andi Mirnawaty mengatakan tuntutan bagi para tersangka dari perkara-perkara itu di atas 1 tahun penjara. Sedangkan untuk putusannya, disebut Andi, bervariasi.

"Itu bervariasi, ada 6 tahun, yang jelas nggak ada di bawah setahun karena ini narkotika," kata Andi kepada wartawan, Rabu (19/6/2019).




Berkaca dari perkara yang ditangani, Andi menyebut angka pemakai narkoba di wilayah Cilegon cukup tinggi. Dia mengaku dapat menyimpulkan kategori pemakai karena barang bukti yang didapatkan tergolong kecil.

"Pemakai pun sekarang lebih tinggi seiring perkembangan makin maraknya peredaran narkotika di Cilegon," kata Andi.

"Rata-rata pemakai, kalau di Cilegon masih agak-agak jarang (pengedar) biasanya yang banyak itu memiliki, pemakai," imbuhnya.

Pemusnahan barang bukti itu dilakukan di halaman Kejari Cilegon. Barang bukti itu dimasukkan ke tong dan dibakar.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed