detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 11:28 WIB

Sidang Sengketa Pilpres

Saksi Prabowo Ubah Keterangan soal Udung: Awalnya Tak di Dunia Kini Tak Tahu

Zunita Putri, Dwi Andayani - detikNews
Saksi Prabowo Ubah Keterangan soal Udung: Awalnya Tak di Dunia Kini Tak Tahu Agus Maksum (Grandyos Zafna/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Saksi dari tim Prabowo-Sandiaga, Agus Maksum, sempat memberi contoh data KTP invalid atas nama Udung, warga Pangalengan, Bandung. Agus awalnya meyakini tak ada sosok bernama Udung sehingga perlu mengecek ke lapangan. Namun keterangan itu kini diubah.

Agus meyakini tak ada sosok Udung saat ditanyai hakim konstitusi Aswanto. Lalu, tiba giliran Agus ditanyai Komisioner KPU Hasyim Asyari.


Hasyim bertanya soal bagaimana Agus meyakini Udung tidak ada jika tak mengecek ke lapangan, disambung pertanyaan apakah bisa diyakini data atas nama Udung itu digunakan untuk pencoblosan. Agus menjawab tidak tahu.

Hakim I Gede Dewa Palguna lalu menyela. Palguna menanyakan konsistensi jawaban Agus. Palguna mengingatkan awalnya Agus meyakini sosok Udung tak ada di dunia ini tapi berubah jadi tidak tahu.

"Jadi keterangan mana yang akan Anda gunakan yang harus dipegang oleh Mahkamah?" kata Palguna mengacu pada dua jawaban, yaitu tidak ada Udung di dunia ini atau tidak tahu.


Agus menjawab dia menggunakan jawaban tidak tahu untuk menjawab pertanyaan apakah data atas nama Udung digunakan di hari pencoblosan. Palguna mencecar mengembalikan pertanyaan soal keyakinan Agus tentang sosok Udung, tak ada di dunia ini atau tidak tahu. Agus menjawab tidak tahu.

"Tidak tahu," ujar Agus.


Saksi Pertama di MK Bicara Dugaan DPT Tak Wajar 17,5 Juta:

[Gambas:Video 20detik]


(tor/fdn)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed