detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 09:55 WIB

KPK Panggil Wakil Ketua Komisi VI DPR Terkait Kasus Bowo Sidik

Ibnu Hariyanto - detikNews
KPK Panggil Wakil Ketua Komisi VI DPR Terkait Kasus Bowo Sidik Foto: Ari Saputra
Jakarta - Penyidik KPK memanggil anggota DPR M Haikal terkait kasus dugaan suap ke anggota DPR nonaktif Bowo Sidik Pangarso. Haikal dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Indung.

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka IND (Indung)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (19/6/2019).

Haikal berasal dari Fraksi Gerindra. Haikal berada dalam satu komisi bersama Bowo Sidik yakni Komisi VI DPR RI. Haikal menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI.



Sebelumnya, KPK juga memeriksa dua anggota Komisi VI DPR RI yakni Inas Nasrullah Zubi dan Nasril Bahar pada Selasa (18/6). Keduanya dicecar soal rapat kerja bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang membahas aturan gula rafinasi.

"Penyidik mendalami bagaimana proses rapat-rapat kerja yang dilakukan DPR bersama Kementerian Perdagangan terkait dengan Peraturan Menteri Perdagangan gula kristal rafinasi melalui pasar lelang komoditas. Materi dalam rapat itu menjadi poin yang kami klarifikasi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (18/6).


Komisi VI DPR merupakan komisi yang membidangi persoalan industri, investasi, dan persaingan usaha. Salah satu mitra kerjanya adalah Kemendag.

Bowo telah ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Asty Winasti yang telah menjadi tersangka. Suap itu diduga diberikan lewat orang kepercayaan Bowo bernama Indung yang juga menjadi tersangka.


Diperiksa KPK, Sekjen DPR Ditanya Status Bowo Sidik di Parlemen:

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed