detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 00:18 WIB

Peringatan Tsunami Usai Gempa M 6,7 di Jepang Dicabut

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Peringatan Tsunami Usai Gempa M 6,7 di Jepang Dicabut Foto: Dok. REUTERS/Toru Hanai
Jakarta - Badan Meteorologi Jepang mencabut peringatan tsunami setelah gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Niigata dan prefektur lainnya. Dilaporkan juga tsunami kecil setinggi 10 cm sempat terjadi di pelabuhan Niigita.

Dilansir dari Japan Times, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga pada Rabu (19/6/2019) dini hari waktu setempat mengatakan gempa tidak menyebabkan kebakaran dan kerusakan yang cukup parah.

Diketahui, gempa M 6,7 pada Selasa (18/6) pukul 22.22 waktu setempat di lepas pantai Prefektur Yamagata membuat Badan Meteorologi mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir Prefektur Yamagata dan Niigata dan daerah Noto di Prefektur Ishikawa. Badan Meteorologi sempat memperkirakan akan terjadi tsunami dengan tinggi 1 meter.

Laporan pun mengatakan tsunami dengan tinggi 10 cm telah terjadi di pelabuhan Niigata tepat setelah tengah malam. Namun beberapa saat kemudian Badan Meteorologi Jepang mencabut peringatan tsunami di wilayah Prefektur Yamagata, Niigata, dan Ishikawa pada Rabu (19/6) pukul 1.02 pagi waktu setempat.


Sementara itu, Kota Murakami di Prefektur Niigata, yang juga terdampak gempa M 6,7, telah mendirikan 10 pusat evakuasi.

"Itu adalah guncangan yang tidak pernah saya rasakan dalam hidup saya," kata seorang pejabat pria di Kota Murakami. Saat gempa terjadi, ia tengah tidur bersama anaknya di rumah.

"Awalnya ada guncangan vertikal yang mendorong saya ke atas, kemudian saya merasa sentakan itu berlangsung sekitar satu menit," katanya.
(nvl/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed