detikNews
2019/06/18 21:39:59 WIB

Round-Up

BW Pilih Kawat Berduri Menuju Mahkamah Konstitusi

Arief Ikhsanudin, Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 2
BW Pilih Kawat Berduri Menuju Mahkamah Konstitusi BW melewati kawat berduri (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Ketua tim hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW), memilih cara tak biasa saat datang ke gedung Mahkamah Konstitusi (MK), yaitu melewati kawat berduri meski ada jalan lain. Berikut rangkumannya.

Jalan Medan Merdeka Barat ditutup selama MK menyidangkan gugatan Prabowo-Sandiaga, dan kawat berduri dibentangkan. Pagi tadi, Selasa (18/6/2019), BW, yang berjalan kaki, tampak melihat-lihat sambil mencari celah untuk menembus dua lapis kawat berduri.

"Wah, kemarin nggak sampai begini," ucap BW di lokasi.

"Putar arah, Pak. Lewat Jalan Abdul Muis," ujar salah satu anggota tim hukum lain.

"Nggak kok, bisa lewat sana," ucap BW.


BW Pilih Kawat Berduri Menuju Mahkamah Konstitusi Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom


BW lantas menuju jalan di samping Monas. Dia melihat celah antara pagar Monas dan kawat berduri. Setelah memiringkan badan, BW langsung menyelip melewati celah. Dia tidak takut tertusuk kawat berduri. Tindakan itu diikuti anggota tim hukum lain.

Berhasil melewati satu kawat berduri, dia harus melewati kawat berduri lainnya di depan Museum Gajah. Namun dia tidak perlu repot-repot menyelip. Dia melewati satu pintu museum kemudian keluar di pintu lainnya.

BW Jadi Ingat Perjuangan Bung Karno

Setelah melintasi kawat berduri, BW lantas mengingat perjuangan presiden pertama RI Sukarno, yang sempat dituduh sebagai pemberontak. Dia pun menyamakan kisah itu dengan ceritanya yang sulit menuju gedung MK.

"Saya teringat perjuangan Sukarno dituduh sebagai pemberontak. Sukarno kemudian membuat judul 'Di bawah Bendera Revolusi'. Sekarang saya jangan-jangan, judul persidangan kita ini adalah 'Mewujudkan Kedaulatan Rakyat' atau 'Membangun Peradaban di Bawah yang Berpijak pada Kedaulatan Rakyat', kan luar biasa ini, masuk ke sini saja susah," kata BW.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed