detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 18:22 WIB

Alexander Marwata Bicara Kemungkinan Maju Lagi Jadi Capim KPK

Haris Fadhil - detikNews
Alexander Marwata Bicara Kemungkinan Maju Lagi Jadi Capim KPK Alexander Marwata (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua KPK Alexander Marwata berbicara tentang kemungkinan dia maju lagi sebagai calon pimpinan (capim) KPK. Menurutnya, undang-undang memperbolehkan hal itu.

"Kalau undang-undang kan bisa. Nantilah bulan Juli," kata Alexander di gedung Ombudsman, Jakarta Selatan, Selasa (18/6/2019).


Dia pun tak mempermasalahkan jika ada instansi lain, seperti Polri, yang mengajukan nama-nama ke Pansel Capim KPK. Alexander mengatakan Pansel-lah yang berwenang melakukan seleksi.

"Jangankan 9 nama, 10 nama nggak jadi masalah juga, atau 15 nama. Nanti Pansel yang akan menyeleksi. Itu kan mekanisme seperti itu. Siapa tahu Bu BP (Basaria Pandjaitan) mencalonkan lagi," ucapnya.


Sebelumnya, Polri mengatakan ada sembilan perwira tingginya yang mengajukan diri untuk ikut seleksi capim KPK. Polri menjelaskan lingkup internalnya akan melakukan asesmen untuk memutuskan layak atau tidaknya kesembilan perwira tinggi tersebut.

"Dari SDM sudah menerima pendaftaran sembilan perwira tinggi Polri yang berencana akan mengikuti seleksi terbuka calon komisioner KPK. Secara internal itu nanti ada asesmen," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (18/6).

Pendaftaran capim KPK dibuka pada 17 Juni hingga 4 Juli 2019. Persyaratan dan berkas yang diperlukan untuk mendaftar bisa dicek di situs setneg.go.id.



Tonton video Seleksi Capim KPK, Pansel Dengar Masukan Pimpinan KPK:

[Gambas:Video 20detik]


(haf/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed