detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 17:27 WIB

Barikade Jalan di Sekitar MK Dibuka Polisi, Lalu Lintas Normal Kembali

Farih Maulana Sidik - detikNews
Barikade Jalan di Sekitar MK Dibuka Polisi, Lalu Lintas Normal Kembali Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan (Farih MS/detikcom)
Jakarta - Pembatas jalan (barikade) hingga kawat berduri di kawasan sekitar Mahkamah Konstitusi (MK) dibuka. Arus lalu lintas pun berangsur normal kembali.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan beberapa ruas jalan di sekitar kawasan MK sudah boleh dilalui kendaraan.

"Sore hari ini, tadi sekitar 15.00 kita sudah mulai membuka beberapa kawat barrier dan proses penormalan. Saya pastikan jam 16.30 ini kita ke pusatnya kawat barrier yaitu di sekitar wilayah Patung Kuda. Tadi sekitar pukul 15.30 WIB di belakang Istana, Jalan Veteran, Harmoni itu sudah mengalir sampai dengan Hotel Sriwijaya," jelas Harry di Patung Kuda, Jl Medan Merdeka Barat, Selasa (18/6/2019).

Harry mengatakan prosesnya bertahap, saat ini polisi tengah membuka barrier dan kawat berduri yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat. Setelah semuanya diangkat, arus lalu lintas kedua arah di Jalan Medan Merdeka Barat akan kembali dinormalkan.

"Ya.. Ya.. itukan proses ya. Tahapan terakhirnya di Patung Kuda ini, nanti setelah ini dibersihkan atau diangkat barrier betonnya nanti arus kembali normal," ujar Harry.

Selain itu, Harry memastikan aparat Kepolisian dan TNI tetap berjaga di kawasan sekitar MK, lantaran proses persidangan masih berlangsung.

"Ya kalau menjaga tetap menjaga karena didalam kan masih ada ruang sidang," kata Harry.

Sebelumnya diketahui, massa aksi membubarkan diri dengan tertib setelah menyampaikan orasi di kawasan Patung Kuda. Mereka bubar sekitar pukul 16.15 WIB setelah ada arahan dari salah satu orator dari mobil komando.

"Mari kita bubar dengan tertib. Tanggal 25 sampai 28 kita siap balik lagi untuk mengawal sidang," ujar orator.



Simak video Massa Aksi Bubar, Lalu Lintas di Depan MK Dibuka:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed