detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 16:47 WIB

PKS soal Wacana M Taufik Jadi Cawagub DKI: Masih Proses di DPRD

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
PKS soal Wacana M Taufik Jadi Cawagub DKI: Masih Proses di DPRD Ilustrasi logo Pemprov DKI. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Partai Gerindra menyebut masih ada kemungkinan memasukkan nama M Taufik menjadi cawagub DKI Jakarta bila paripurna pemilihan dua kali tidak kuorum. PKS enggan berandai-andai dan memastikan proses di DPRD DKI Jakarta masih terus berlangsung.

"Ini kan masih proses di (DPRD DKI Jakarta). Panitia itu tugasnya adalah memilih itu tugasnya memilih dari yang sudah ditetapkan dua orang itu. Itu kan ada PP nya kita ngikutin PP itu," kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).


Suhaimi mengatakan nama cawagub yang diusulkan tetap Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Dia mengatakan dua calon tersebut tidak akan diganti kecuali keadaan darurat.

"Kalau saya memikirkan itu terlalu jauhlah kecuali memikirkan semuanya berhalangan tetap. Semuanya meninggal sebelum itu atau stroke misalnya," jelas Suhaimi.

Sebelumnya, Partai Gerindra menyebut masih memiliki peluang memasukkan nama calon Wakil Gubernur DKI Jakarta meski saat ini dua calon berasal dari PKS. Kejadian itu bisa terjadi kalau paripurna pemilihan tidak kuorum selama dua kali.


"Lihat saja nanti kalau sudah mengarah mencapai paripurna pemilihan terus sekali itu tidak kuorum diberikan waktu 10 hari. 10 Hari selanjutnya nggak kuorum berarti ada pengajuan nama baru, berarti kan nggak diterima," ucap Ketua Fraksi Gerindra Abdul Ghoni, kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (17/6).

Bila dua kali tidak kuorum, maka proses penentuan wakil gubernur bisa diulang. Partai Gerindra bisa ikut mengusulkan, karena Partai Gerindra bersama PKS adalah partai pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2017-2022.

"Iya (proses) dari ulang lagi. Gerindra jadi bisa ikut mencalonkan, kan partai pengusung. Kalau partai pengusung itu kan punya hak yang sama," ucap Ghoni.

Ghoni percaya Gerindra memiliki calon yang mumpuni untuk diajukan sebagai Cawagub. Salah satunya adalah Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik.

"Ada bang Taufik, banyak lah. Bang Taufik layak, dia di organisasi dan politik sudah mumpuni. Dia mantan Ketua KPU DKI, sudah tahu dia lembah-lembah di DKI ini," ucap Ghoni.



Tonton video Divonis Melanggar Pemilu, Ketua DPW PKS Sultra Lebaran di Bui:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed