detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 15:57 WIB

Kivlan Zen Siapkan Bukti untuk Agenda Konfrontasi dengan Habil Marati dkk

Matius Alfons - detikNews
Kivlan Zen Siapkan Bukti untuk Agenda Konfrontasi dengan Habil Marati dkk Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya sore ini berencana mengkonfrontasi Kivlan Zen dengan tersangka perencanaan pembunuhan Habil Marati dan saksi-saksi. Dalam agenda ini tim kuasa hukum menyiapkan bukti untuk membantah tudingan kepada Kivlan Zen.

"Mungkin ada berupa bukti slip penukaran uang di money changer, mudah-mudahan masih ada," kata kuasa hukum Kivlan Zen, Muhammad Yuntri, saat dihubungi detikcom, Selasa (18/6/2019).

Uang yang dimaksud adalah sebesar SGD 15 ribu atau senilai Rp 150 juta. Yuntri menyebutkan uang itu adalah milik Kivlan pribadi.

"Itu yang langsung diserahkan kepada Iwan sesuai rencana untuk demo di Monas, depan istana sebagai anti-komunis dalam rangka peringatan Hari Supersemar," jelas Yuntri.

Agenda konfrontasi ini dijadwalkan pada pukul 17.00 WIB sore ini. Kivlan direncanakan akan hadir dalam agenda konfrontasi ini.


"Insya Allah akan diusahakan datang, walau masih agak sakit giginya yang belum sembuh total," katanya.

Dalam agenda ini, Kivlan Zen, kata Yuntri, akan dikonfrontasi dengan Habil Marati terkait uang tersebut. Selain Habil Marati, Kivlan akan dikonfrontasi dengan saksi lain yang juga tersangka dalam kasus rencana pembunuhan tokoh nasional, yakni Iwan, Aziz, dan Fifi.

"Nanti dikonfrontasi semua. Terutama kita sudah membantah apa yang disampaikan oleh Iwan, karena saksi kunci daripada Habil Marati itu Iwan. Nah, kita bantah semua itu dengan adanya itu 'kan tidak membuktikan keterlibatan Kivlan di situ," tukasnya.

Sebelumnya, polisi menyampaikan bahwa Habil Marati memberikan uang SGD 15 ribu kepada Kivlan Zen dan Iwan. Uang tersebut merupakan dana operasional. Kivlan Zen lalu disebut mencari eksekutor dan memberi target 4 tokoh nasional.



Soal Kivlan Zen, Wiranto: Saya Maafkan, tapi Hukum Tetap Berjalan:

[Gambas:Video 20detik]


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed