detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 11:38 WIB

Sidang Sengketa Pilpres

Tim Jokowi Anggap Imajinatif Naik-Turun Klaim Kemenangan Prabowo

Tim detikcom - detikNews
Tim Jokowi Anggap Imajinatif Naik-Turun Klaim Kemenangan Prabowo Kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf, Yusril Ihza Mahendra, saat sidang MK. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf Amin menyindir naik-turun perolehan suara kemenangan klaim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Klaim Prabowo dinilai kubu Jokowi imajinatif.

"Pemohon (Prabowo-Sandiaga) juga tidak menguraikan berapa banyak perolehan suara yang diklaim Pemohon, yakni suara yang diraih Pemohon lebih unggul daripada Pihak Terkait dengan persentase 52,2% menurut exit poll internal Badan Pemenangan Nasional Pemohon disampaikan Pemohon dalam pidato tanggal 17 April 2019 di Jalan Kertanegara, Jakarta, sekitar pukul 17.00," ujar anggota Tim Hukum Jokowi, I Wayan Sudirta, membacakan jawaban (eksepsi) atas gugatan hasil Pilpres 2019 dalam sidang di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).

Setelah itu, persentase perolehan suara, sambung tim Jokowi, bertambah menjadi lebih dari 62%. Hal ini, menurut tim Jokowi, disampaikan dalam pidato kemenangan pada 18 April 2019 sekitar pukul 20.35 WIB di Jalan Kertanegara, Jaksel.

I Wayan Sudirta lantas menyebut klaim lainnya, yakni saat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga mengumumkan kemenangan Prabowo atas Jokowi-Ma'ruf Amin dengan persentase 54,24% yang disampaikan di Hotel Grand Sahid Jakarta pada 14 Mei 2019.

"Dengan demikian, berapakah sesungguhnya prosentase dan/atau angka kemenangan yang diklaim oleh Pemohon atas Pihak Terkait. Bukan saja tidak diketahui secara pasti oleh Pihak Terkait, tapi juga tidak diketahui secara pasti oleh Pemohon sendiri. Jadi tidak berlebihan kiranya, jika para Pengamat berpandangan bahwa klaim Pemohon tersebut bersifat imajinatif," tegas tim hukum Jokowi.


Singgung Gugatan Prabowo, KPU: Link Berita Bukan Alat Bukti!:

[Gambas:Video 20detik]

Tim Jokowi Anggap Imajinatif Naik-Turun Klaim Kemenangan Prabowo

(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed