detikNews
Senin 17 Juni 2019, 21:43 WIB

Viral Mal di Depok Putar Lagu Kebangsaan hingga Kumandangkan Azan

Matius Alfons - detikNews
Viral Mal di Depok Putar Lagu Kebangsaan hingga Kumandangkan Azan Foto: Matius Alfons/detikcom
Depok - Sebuah mal di Depok viral karena memutar lagu Indonesia Raya. Lagu kebangsaan itu diputar oleh pengelola mal pada menit-menit jelang pembukaan mal.

"Iya benar, itu kita lakukan. Jadi di awal pembukaan Mal Pesona Square itu menyanyikan lagi Indonesia Raya," ujar Humas Mal Pesona Square Mardi saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (17/6/2019).

Mardi mengatakan lagu Indonesia Raya diputar sebelum karyawan melaksanakan operasi. Seluruh manajemen dan karyawan harus menghentikan kegiatan pada saat lagu kebangsaan diputar.

"Jadi seluruh manajemen itu berhenti sementara menunggu selesai lagu Indonesia Raya gitu," imbuh Mardi.

Lagu Indonesia Raya diputar untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada karyawan. Pihak manajemen juga menginginkan agar lagu Indonesia Raya diputar tidak sebatas pada saat upacara hari besar kenegaraan atau seremoni di kantor pemerintahan saja.

"Kenapa kita punya terobosan baru itu, sebenarnya itu ingin melazimkan saja. Selama ini kan Indonesia Raya dinyanyikan saat upacara, kegiatan pembukaan turnamen, atau pembukaan raker atau apa, makanya dari pihak manajemen, dirut, terutama komisaris kita, minta kepada manajemen mal untuk membiasakan lagu Indonesia Raya di Mal Pesona Square," paparnya.

Pemutaran lagu Indonesia Raya ini disebutnya bukan pertama kali ini. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak mal pertama kali launching pada 27 September 2018.

"Iya, sudah lama ini, hanya baru viral sekarang ini. Sebenarnya ingin dibikin bahwa Pesona Square itu Indonesia banget gitu, bahasa anak sekarang, jadi nasionalis yang religius, kita nasionalis tapi religius," tuturnya.



Pihak manajemen memberikan sanksi teguran bagi karyawan yang tidak menghormati lagu Indonesia Raya.

"Sampai saat ini belum (ada sanksi bagi pegawai yang tidak mengindahkan), paling ada teguran kalau memang ada kegiatan gitu," katanya.

Sejauh ini, lanjut dia, karyawan tertib dan mematuhi aturan tersebut.

"Tadi juga sudah dicek dari (lantai) atas (sampai) bawah semua diam semua saat lagu itu didengungkan, kompak semualah. Kalau tenant, saya belum detil ke sana, karena kan belum ada customer datang, tapi semua tidak berkegiatan, diam semua," sambungnya.

Tidak hanya lagu Indonesia Raya, Mal Pesona Square juga mengumandangkan azan setiap saat, di mana hal ini jarang dilakukan di mal lain. Azan akan terdengar pada saat memasuki waktu salat Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya.

"Mengingatkan saja bagi kaum muslim dan muslimat yang mau menjalankan ibadah salat 5 waktu," tutur Mardi.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed