detikNews
2019/06/17 19:32:51 WIB

Round-Up

Novanto Jalan-jalan, Wacana Pulau Koruptor Muncul ke Permukaan

Zunita Putri, Zakia Liland Fajriani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Novanto Jalan-jalan, Wacana Pulau Koruptor Muncul ke Permukaan Aksi warga sindir Setya Novanto (Foto: Antara Foto/Maulana Surya)
Jakarta - Ulah terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto pelesiran ke toko bangunan di Padalarang, Jawa Barat bikin geger. Wacana koruptor ditempatkan di pulau terpencil pun menyeruak.

Peristiwa pelesiran Novanto itu terjadi pada Jumat, 14 Juni kemarin. Awalnya Novanto mendapatkan rekomendasi dari lapas untuk menjalani pengobatan di luar lapas pada Selasa, 11 Juni 2019. Setelahnya, Novanto dinyatakan oleh dokter untuk menjalani rawat inap.

Novanto kemudian menjalani rawat inap hingga pada Jumat, 14 Juni 2019 diizinkan untuk kembali ke lapas. Namun Novanto kabur hingga dilakukan pencarian mulai sekitar pukul 15.00 WIB. Masih di hari yang sama pada pukul 17.43 WIB Novanto kembali ke rumah sakit itu.



Ternyata, Novanto tepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang, Jawa Barat. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker. Akibat ulahnya, Novanto dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur.


Novanto Jalan-jalan, Wacana Pulau Koruptor Muncul ke PermukaanFoto: Istimewa


Menko Polhukam Wiranto mengatakan ada wacana untuk memindahkan koruptor ke pulau terpencil. Wacana itu sudah mulai dipikirkan.

"Iya sudah ada pemikiran, pemikiran ke sana untuk membuat suatu lapas (lembaga pemasyarakatan) khusus untuk koruptor untuk narkotika untuk para pelaku terorisme, sudah ada pemikiran itu. Bahkan kita juga sudah memikirkan bagaimana kalau kita menggunakan pulau-pulau terpencil," kata Wiranto di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed